Thursday 10 October 2013

Rush - Balapan yang sesungguhnya

"A wise man can learn more from his enemies than a fool from his friends" quote yang bagus yang cocok banget untuk menggambarkan perasaan Niki Lauda - pembalap F1 - terhadap rivalnya James Hunt. Persaingan didalam dan diluar arena antara kedua pembalap kelas dunia ini-lah yang menjadi cerita dalam film berjudul Rush ini.



Sesungguhnya, gw nonton film ini karena iseng aja lagi gada kerjaan dan belon pengen pulang ke rumah, jadi gw sama sekali gada bayangan bakal kayak apa ini film. Surprise surprise, ternyata filmnya bagus dan menyentuh banget. Diangkat dari kisah nyata dengan setting dunia balap F1 yang penuh persaingan, film ini ga melulu bercerita tentang sport, tetapi juga bercerita tentang sisi manusia dan drama kehidupan diantara 2 pembalap ini.

Gw bukan penggemar berat F1. Gw nyaris ga tau nama2 pembalap F1, kecuali yang terkenal banget kayak Schumaker. Yah, gw taulah nama Niki Lauda secara dia 3 kali jadi juara dunia.... Walopun waktu dia jaya, gw masih SD. Cuman yg gw ga tau adalah siapa itu James Hunt. Baru denger namanya, ampe gw googling pas awal2 film baru mulai. Sekedar penasaran kok ya gw ga tau James ini, sementara Niki gw tau. Ternyata menurut mbah Gugel, lumayan juga prestasinya walopun karir balap F1 nya hanya singkat saja.

Niki Lauda, pembalap F1 asal Austria yang penuh perhitungan, disiplin dan pintar memodifikasi kendaraannya. Sementara James Hunt adalah kebalikan dari Niki, pembalap flamboyan yang hobi bersenang2, playboy dan rada nekad. Keduanya saling membenci dan selalu menganggap yang lain sebagai pesaing beratnya. Tapi siapa sangka semua kebencian dan persaingan itu berbalik menjadi rasa hormat dan kekaguman, saat Niki Lauda mengalami kecelakaan berat dan kendaraannya terbakar di sirkuit Nurburging Germany. Meski mengalami luka bakar cukup parah di muka dan paru2nya, Niki kembali ke sirkuit secara ajaib setelah 6 minggu menjalani perawatan.... *salut gw ama daya juangnya*

Selama perawatan, Niki selalu mengupdate pertandingan2 yang dijalani oleh James Hunt, dan rasa ingin mengalahkan Hunt menjadi sumber semangat hidupnya. Sehingga ia mau menjalani pengobatan apapun, sesakit apapun treatmentnya.... Gw yang nonton aja ampe miris ngeliat penderitaan Niki dalam menjalani perawatan.... Dan makin miris kalo inget ini film diangkat dari kisah nyata. Dan adegan sebelum pertarungan di sirkuit Monza - Italia,  saat pertama kali Niki balik ke sirkuit, bener2 jadi klimaks film ini. Mulai dari sinilah hubungan dingin diantara kedua pembalap ini berubah arah..... James menyampaikan rasa sesalnya pada Niki, dan Niki menanggapinya dengan biasa aja, tanpa dendam.

Sumpah, film ini membuat Fast & Furious bagaikan film sampah yang cerita tentang balap2 boongan. Rush ini menunjukkan hakekat dari balapan itu sendiri. Balapan dan persaingan bukan hanya sekedar ladang mencari uang atau prestasi, tetapi juga menjadi bagian dari keseluruhan hidup mereka. Menurut gw, yang bikin skenario film ini bener2 pinter mengangkat event2 dramatis yang pantes difilmkan. Adegan2 nya juga disusun dengan runut bagaikan film dokumenter. Sehingga penonton yang awam, kayak gw pun bisa ngikuti jalan ceritanya.

Buat penggemar balap F1 pasti wajib lah nonton film ini, tapi buat penggemar film2 drama juga gw rekomendasiin buat nonton. Terlebih lagi buat penggemar Chris Hemsworth... bakalan ngeces2 liat body seksi setengah dewa "Thor" yang banyak diumbar di film ini..... *slruuup, sibuk ngelap iler*

No comments:

Post a Comment