Thursday 3 October 2013

Menuju Filipina - Manila Short Trip Day 1

Sebenernya kalo jalan-jalan pake biaya sendiri, gw ga pengen ke negara2 berkembang *belagu dot com* bukan apa2, gw masih percaya kalo Jakarta pasti lebih bagus dari ibukota negara berkembang manapun. Gw rasa ibukota negara laen apalagi di asia tenggara pasti beda tipis lah sama Jakarta. Macetnya, joroknya, ke-tidak aman-an nya...... So, waktu diajak temen kerja gw buat ke Manila gw mikir2 banget. Soalnya dulu diajak unee ke KL/Bangkok aja gw ogah. Tapi akhirnya gw putusin buat nyoba ajalah... Toh cuman 2 malam doang.

Trio Macan sebelum berangkat

Jadilah gw berangkat ke Manila dengan 2 orang ibu2 temen kantor (bu Tiwi dan Bu Mimi) yang kebeneran senpai gw di ITB. Berhubung kedua ibu ini sudah lebih senior dari gw dan tidak biasa pergi backpackeran, gw agak bingung membuat budget perjalanan. Kalo ama temen2 yg biasa pergi ngere ke luar negeri sih gw ga susah karena mereka pasti ga akan keberatan buat naek LRT, MRT, Bus, atau apapun itulah. Tapi kali ini gw dah perkirakan bakal naek taksi kemana2. Dan bener aja hihihihi.... Alhasil budget plan yang gw bikin meleset semua.... weleh.. weleh...

So, mulai cerita perjalanan yah.... diawali dengan ga bisanya gw check-in online. Aneh banget!! biasanya Airasia gampang banget buat check-in online. Untuk penerbangan JKT - KL bisa mulus check-in online tanpa hambatan. Tapi begitu KL - MNL kok ga bisa2... coba di hp pake aplikasi AA mobile, ga bisa. pake browser juga ga bisa. Pindah ke laptop, buka dari websitenya juga ga bisa. Yang muncul malah pemberitahuan bahwa rute KL - MNL di operasikan oleh ZestAir yang belum online rupanya... hadeh!! hare geneee... ga online?? Maskapai macam apa inih?? Masih penasaran, gw coba telp hotline AA di JKT, jawabannya sama. Yaudah lah ya.. pasrah aja. mau gemana lagi?? Berdoa yg banyak aja semoga sempet waktunya buat keluar imigrasi KL dan check-in di airport LCCT. Waktu transit gw cuman 2 jam, dan gw belum pernah keluar dari terminal LCCT ini. Jadi Laa haula aja deh. >.<


Suasana check-in di booth nya Zest Air

Jadi pas nyampe di KL - LCCT gw sibuk nanya2 dong mulai dari pramugari, satpam, petugas bandara pokoke sapa aja deh yang keliatannya bisa ditanyain. Dan berhasil membuat gw kelililng2 di departure area LCCT. Rada pusing nyarinya, karena meja check-in nya cuman 2 nyempil kecil diantara sekian banyak meja AirAsia. Setelah ketemu, gw pun ngantri. Antriannya sih ga terlalu panjang, cuman gw curiga ama yg didepan gw karena bagasinya banyak banget. Dan bener aja, 15 menit sendiri buat ngelayanin mereka dan ga beres2 juga. Sepertinya mereka Filipino yang abis maen golf di Malay. Sambil memanfaatkan waktu, kita ngobrol lah sama mereka tanya2 harga taksi dll. Ditanyain nginep dimana? Kita jawab Makati. Dibilang kalo Makati mah aman, asal jangan ke Manila aja. Areeee??? Errrr?? Jadi Makati bukan Manila yah?? Lha, kita mo ke Manila bukan?? Gubrak!!! LOL...

Ini dia ZestAir, maskapai yang ga online..... LOL
Kok kayak bis?? Pantesan ga online....wakakakak.... Boong deng

Ini ZestAir yang bener.... hihihi... Beneran naek pesawat kok
Yang diatas itu bis airportnya punya ZestAir, bis model taun 90an lah

Sesampainya di bandara Ninoy Aquino International Airport Terminal 4, kita turun pesawat tanpa garbarata. Tengok kiri kanan, tidak tampak satupun garbarata nya. Kita naek bis menuju terminalnya. Ya ampuuun bisnya sederhana banget... Kayak bis kuno asemby-an kwitang. Sampe di dalam langsung ngantri imigrasi. Petugasnya cuman dua. Antrian panjang mengular... Tiba2 dari belakang ada serombongan orang yg permisi2 minta duluan karena connecting flight nya  di terminal 3. Dan untuk ke terminal 3 harus naek taksi. Gada bis atau monorel... Hadeeehh... Sama aja ama Jakarta. Karena kasihan kita pada ngasih. Eh pas mereka udah paling depan. Petugas imigrasinya ngamuk. Nyuruh mereka balik ke belakang.... Terjadilah adu argumentasi... Terus petugasnya pake nyebut2 yg ngantri banyak... Ga fair buat yg lain. Salah satunya bilang kalo dia udah permisi ama yg laen dan dikasih jalan. Terus para pengantri pada teriak "it's fine. Go head" dan pak petugas (yg ganteng btw) ga bisa ngomong lagi....

Ya ampuuun bandaranya kecil banget. Ama bandara malang masih lebih kecil lagi. Ga tau terminal lainnya yah... Sampe diluar langsung pesen taksi... Ga ngantri dan langsung jalan.

Well, kesan pertama gw sama Manila adalah kotanya agak kusam. Banyak bangunan yang kayak ga dikasih acian. Hampir semua beton expose. Apa maksudnya? Kan jadi gampang kotor, lumitan dan susah dibersihin. Mana cuacanya mendung mulu. Makin tampak kusam kota ini


Ternyata ada 14 Kota yang masuk dalam wilayah Metro Manila, salah satunya Makati. So, kayak Jabodetabek gitu kali yaaa.... Informasi ini gw dapet kemudian setelah ngobrol sama supir taksi. Dan ternyata Makati adalah distrik bisnis yang mewah. Kayak Menteng gitulah... Semua hotel2 mewah ada di kota ini. Nah... gaya dong ya kita ceritanya nih. Tapi kemudian rada sedikit tertipu, karena ternyata hotel kita Best Western Oxford berada di Burgos Street - pusat hiburan malam nya Makati. Which is di sepanjang jalan itu banyak bar, night club, dan cewek2 "dagang" berkeliaran pagi, siang, sore, malam.... wakakaka.... Akhirnya jam 4an kita bisa masuk kamar. Kamarnya baguslah... rada tua dan lembab sih, tapi luas... Kayak hotel bintang 3 di Indonesia lah... Kamarnya di lt 12, cukup tinggi dari jalan, tapi sumpe masih kedengeran aja suara kendaraan dibawah. Duh, bisa tidur ga nih........

Ini Ayala Avenue, bukan jalan hotel gw wakakak... 
Ayala ave adalah jalan utamanya Makati. 
Kayak Jakarta tahun 80an yah.... 
Tapi gw suka, garis sempadan bangunannya dekat ama jalan, 
membentuk ruang kota yang gemanaaaa gitu....

Yang ini burgos street depan hotel gw.

Keliatan ga cewe2 dagang di kiri jalan (bukan yang baju ijo loooo hahaha)

Abis maghrib kita putusin buat ngemol.... tsaaaahhhh tetep yah... jauh2 keluar negeri tempat pertama yg didatangi adalah mol. *anak mol dot com* Ga jauh dari hotel mungkin cuman 5 menit naksi kalo lancar. Sayangnya Manila eh Makati ini ternyata maceeeeeeetttttttt cet...cet.... Jadilah setengah jam sampe mol. Nama mol nya Greenbelt. yang katanya sampe 5. ihiks... jangan2 mirip ama MKG nih. Dan iya aja.... Molnya mewah.... segala brand2 dunia ada disono. Baiklah... Dengan yakin ga ada yg bisa gw beli disini. Kecuali tumbler Starbuck hihihi....

Mol nya mewah yah....


Nyempetin diri nongkrong di starbucks.
Buat nyari tumbler dan secuil wifi gratis. Secara wifi hotel ga konek2... 
Hiks *hidupku hampa tanpa dunia maya... Lebay dot com*

Dan perjalanan balik ke hotel juga perjuangan.... Cari taksi susah bener.... 15 menit nyari taksi dan 30 menit kena macet di jalan. Padahal udah jam 9 malem.... Halah!! Jakarta banget ini mah.... *lebih parah malah* Duuh... mana udah ngantuk, secara tadi pagi bangun jam 3 aja... Nyampe kamar langsung bobo... pingsan. ga denger suara2 berisik dibawah yang rame 24 jam.

Ngantuk banget..... Oyasuminasai..... Siapin tenaga buat besok jalan dari pagi....

Bersambung ke blog berikutnya....


No comments:

Post a Comment