Sunday 27 October 2013

Kangen Mudik T_T

Setiap kali pulang jalan-jalan dari negara lain, yang bukan Jepang, gw suka mendadak pengen ke Jepang lagi. Biarpun udah 4 kali gw ke Jepang, tapi ga pernah bosen, ga pernah kapok dan selalu ada rasa rindu untuk balik lagi ke Jepang. Rasanya kayak pengen mudik ke kampung halaman sendiri.... wakakak *maunya*

Sebenernya tahun ini gw udah ke Jepang pas musim semi, april lalu. Tapi tau kenapa rasanya udah lama banget ga kesono... WHY??? mungkin karena abis dari Jepang kemaren, gw pergi Ke Korea dan Philipina yang, jujurly, tidak seindah dan senyaman Jepang.... *menurut gw sih ....* Well, Philipina sih jelas lah... Dia kan developing country gitu... Cuman yg heran kok Korea juga ga semenyenangkan yang orang2 bilang ya.... Kenapa ya?? ..... Mmm warga Seoul ga friendly terhadap turis yang ga bisa bahasa Korea, susah nyari tempat bertanya, orang2 nya tidak helpful. Dan.... *kayaknya gw harus bikin blog sendiri tentang jalan-jalan gw ke Korea kemaren deh, ntar ya*..... Gw heran aja kenapa orang2 Indonesia demen banget ke Korea..... *ah, sudahlah.....*

Saat ini rasa kangen gw pada Jepang makin menjadi2, karena dua orang teman deket baru balik dari sana. Yang seorang, Tatz, adalah pencinta kpop sejati. Nyaris gada satu pun artis Jepang yg dia tau, jadi dia berangkat tanpa ekspektasi apa2, kecuali sekedar rasa penasaran kenapa temen2nya pada sering banget umroh ke Jepang bolak balik. Dan ternyata dia sukaaa di Jepang. Cara dia nyeritain kejadian2 selama di Jepang itu bikin kangen gw makin menjadi-jadi.... Tatz bilang dia sekarang ngerti kenapa teman2nya termasuk gw, pada hobi umroh ke Jepang. Dia aja pengen balik lagi.... *hiks... gw juga*


Gw masih punya obsesi untuk mengunjungi semua castle di Jepang. So, far baru 8 - 9 castle yg gw datengin. Masih banyak yang pengen gw liat.... Terutama yang masih original strukturnya kayak Kumamoto Castle, Hirosaki Castle dan Castle2 di Pulau Shikoku. Pasti ga bakalan bisa dijalanin dengan sekali dateng aja. Perlu beberapa kali lagi lah... Nanti gw coba tulis juga tentang castle2 dan obsesi gw pada castle... Sekarang sih gw mau ngomongin soal the big city - Tokyo.


Buat gw dan komunitas terbatas gw, Tokyo ga pernah jadi tujuan utama. Kita kebanyakan suka pergi ke kota-kota kecil yang masih asli dan kental tradisi Jepangnya. Contohnya Kyoto yang tenang, dimana masih banyak bangunan tradisonal dan kuil2. Dimana2 kuil, baik kuil agama budha maupun kuil Shinto. Kota kuno Nara juga menyenangkan, disini kuil Budha berumur 400 tahun lebih yang mendominasi. Dan banyak rusa liar yang jinak dan berkeliaran di halaman2 kuil. Kemudian ada Kota Takayama yang bener2 Jepang pedesaan. Disini kita bisa liat kehidupan kasta Jepang yang paling rendah yaitu petani... hihihi...Walopun sekarang sih udah ga dianggap kasta rendah lagi. Jadi biasanya Tokyo cuman sebagai tempat transit aja, atau sekedar numpang nonton konser wakaka...

Dan ketika gw mulai mempelajari tentang arsitektur kota dan bangunan2 yang menjadi ciri khas sebuah aliran dalam arsitektur, kok mendadak gw pengen berlama-lama di Tokyo. Pengen ngerasain seperti apa ruang kota di Tokyo itu. Pengen nyari2 bangunan2 arsitektur landmark yang dibahas diperkuliahan gw kemaren2.... Pada intinya pengen praktek tentang urban architecture di Jepang.


Kalo ada kesempatan lagi buat ke Tokyo, gw pengen ke Odaiba lagi.... Kali ini disaat hari cerah dan tidak hujan. Pengen menikmati duduk2 di bayfront nya, madep ke Rainbow bridge.... Makan burger berdua sama pacar wakakak... *kayak Kotoko ama Naoki* Menikmati ruang kota yang di Jakarta nyaris ga ada.  Juga pengen puas2in foto2 di depan patung raksasa Gundam, dan masuk ke gundam museum. Mau ngabisin 1 harian di Odaiba lah... kalo boleh sih sampe malem....


Pemandangan malem di Odaiba pasti luar biasa. Di odaiba ini ada Gedung Fuji Terebi atau Fuji TV Building Karya arsitek Kenzo Tange yang terkenal dengan aliran metabolism. Gedung ini "fully earthquake proof" dan dilengkapi dengan bola perak diatasnya, tempat observasi yang bisa liat pemandangan di sekitar Odaiba. Gw dah pernah masuk ke bagian bawah gedung ini, dimana ada toko souvenir dari acara2 yang pernah diproduksi oleh Fuji TV, tapi gw belum pernah liat keatasnya. Yosh!! next time gw harus naek sampe observation decks.


Tujuan berikutnya adalah Edo-jo (Edo castle) atau Tokyo Imperial Palace. Gw udah pernah kesitu juga, tapi hari udah sore banget, udah mau tutup castlenya, jadi cuman menginjakkan kaki di sepertiga tamannya. Tamannya bergaya traditional Japanese garden yang terkenal dengan landspacing yang indah. Apa yang bikin gw tertarik disini? Tentu saja reruntuhan Edo-jo yang sampai sekarang belum berhasil di rekonstruksi. Entah kenapa. Beneran deh... ini tempat yang paling penegn gw datengin dari semua castle yang ada. Di castle inilah pusat cerita sejarah terjadinya restorasi Meiji, awal mula jepang membuka diri untuk dunia luar.


Area disekitar Edo-jo juga merupakan tempat yang sangat menarik bagi urban architecture. Disini ada Tokyo Central Station Building yang fasad bangunan nya bata exposed, dibangun tahun 1914, style nya kayak stasiun kereta di eropa. Belum sempet aja foto di depan sini... Posisi stasiun ini ada di dekat Marunouchi district yang merupakan business district. Hampir semua bank besar Jepang berpusat disini, puluhan gedung pencakar langit ada disini.... Mari kita coba rasakan ruang kota yang tercipta disini.


Selanjutnya gw pengen ke Ueno Park, another ideal public spaces.... kali ini western stylr garden.... penegn liat bedanya sama yang tradisional itu. Dan ada banyak kuil besar juga disitu, lebih besar dari yang di Yoyogi. banyak museum dan ada zoo. Errr.. kayaknya sih ga pengen2 banget ke kebun binatang, tapi kok Ueno Zoo itu terkenal banget di manca negara, so... bisa dipertimbangkan kalo ada waktu lebih.Deket Ueno situ ada sofitel building yang berbentuk unik, yang katanya sih udah diancurin... mari kita liat jejaknya jadi apa sekarang hahaha.. *kurang kerjaan bener*


Gw juga pengen ke Tokyo tower lagi. menjelajahi seluruh areanya, naek keatas towernya, menjelajahi roppongi, hibiya park, liat Keio university dll. Dan yang paling pengen gw lakuin adalah menemukan spot2 tempat Yuki foto2 buat sebuah majalah... *hahaha.. ketauan motif sebenernya* Waktu gw dateng dulu udah terlalu malem jadi nyaris ga keliatan apa2, kecuali menara bercahaya merah yang menjulang.


Kalo ada sisa waktu, gw pengen ngeliat bangunan2 karya Kenzo Tange yang ada di sekitar Tokyo. Contohnya, Yoyogi Gymnasium..... *walopun udah pernah masuk kedalamnya, tapi pengen liat lagi dari sisi lain. Lalu Tokyo Cathedral di Sekiguchi Bunkyo yang unik bentuknya, ga kayak gereja pada umumnya, bentuknya lebih ke modern kontemporer church. Terus Hanae Mori Building di Aoyama. Tokyo Metropolitan Government Building di Shinjuku, dll deh...


Terus pengen wisata belanja juga (ato minimal window shopping deh) di Akihabara (nyari gundam model kit ato figure action anime lainnya), Omotesando (ngeliatin rumah2 orang kaya di Tokyo, sapa tau ketemu artis hehehe), Shibuya (liat patung Hachiko), Shinjuku (nyari love sign), Akasaka (ke TBS shop, nyari pernak pernik Gakko e Ikou).

Masih ada lagi tempat2 di luar Tokyo Metropolitan yang pengen didatengin..... Lanjut di blog berikutnya aja.

No comments:

Post a Comment