Sunday 27 October 2013

Museum2 menarik di sekitar Tokyo

Sejak mengalami pengalaman yang menyenangkan di Museum Doraemon di Kawasaki city, gw jadi pengen masuk ke museum2 lain yang ada di Jepang. Gw yakin bakalan sama menariknya, secara orang Jepang sangat detail akan segala sesuatu, dan selalu pintar menyajikan apapun dengan menarik dan penuh penjiwaan.



Gw mulai dari museum Doraemon yang udah pernah gw datengin. Nama resminya adalah Fujiko F Fujio Museum. Fujio-sensei adalah nama mangaka yang menciptakan komik Doraemon, P-chan dan komik anak2 lainnya. Museum ini mendokumentasikan semua karyanya mulai dari komik karya pertamanya di saat masih SMU hingga akhir hayatnya. Ada diorama bagaimana Fujio-sensei membuat komik (dilengkapi dengan alat personal audio berbahasa inggris/perancis/jerman/spanyol yang bisa dibawa2, kayak hape). Ada patung2 doraemon, giant, nobita, p-chan, dll. Ada juga ruang baca komik yang dilengkapi gambar2 tokoh tersebut. Ada mini theater yang memutar film pendek tentang tokoh2 komik disini. Ada photo box yang hasil foto kita bisa dihias dan dimodifikasi dengan tokoh2 komik. permainan Gacha-gacha yang gede banget. Dan yang paling juara adalah makanan di kantin nya yang lucu3 berhias tokoh komik.



Singkatnya museum ini bikin suasana hati gw senang...... *padahal gw ga ngefans-ngefans amad sama doraemon hihihi* Dan yang bikin kalap adalah toko souvenirnya yang lucu2.... >.< mau semuanyaaa. Dan menurut Tatz yg sempet jalan dari museum ke stasiun, kita bisa nemuin rambu2 lalu lintas, lampu taman, pagar jembatan dan asesoris kota lainnya dalam bentuk doraemon dan teman2. Jadi bukan cuman bisnya yang bergambar doraemon, tapi juga seluruh kota ini, adalah kota doraemon.

Yang berikutnya adalah Ghibli Museum di Mitaka. Gw belum pernah kesana karena tiketnya cukup susah didapat. Seperti museum doraemon, tiketnya harus beli di vending machine di lawson, mini mart gitu. Dimana mesinnya pake huruf keriting semuanya juga... susah aja bacanya. Disarankan untuk memesan jauh2 hari sebelumnya, karena jumlah pengunjung setiap hari dibatasi dan ga weekend ga weekdays, museum ini banyak peminatnya. Tapi gw baru tau kalo tiketnya bisa dipesan di JTB di Jakarta... waaaa patut dicoba.

 

Apa yang menarik dari museum ini? Kalo dari foto2nya sih hampir senada ama doraemon. Banyak karakter2 di film2 ghibli yang diwujudkan dalam bentuk 3D. Totoro, Kiki delivery's service, Laputa, Princess Mononoke, Howl's moving castle dan berharap ada tokoh2 yg pernah disuarain sama mang ijun kayak Gedo senki atau Kokuriku zaka kara.


Pengen ga sih luuu...... *sediakan duit 1000 yen buat tiketnya dan ekstra beberapa ribu yen buat pernak-pernik oleh2nya hiks...*

Museum selanjutnya adalah Edo-Tokyo Open Air Museum. I love open air museum. Kayak yang pernah kudatengin di Takayama. Biasanya sih isinya tentang arsitektur, rumah2 dan bangunan jaman dulu hingga masa sekarang. Bagaimana kehidupan berlangsung di jaman edo hingga berubah jadi Tokyo. Bagaimana sarana transportasinya, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Letaknya di Kagonei City, 25 menit naek kerta dari Shinjuku stasiun.


Kemudian ada juga Railway Museum di Saitama *sekalian mengunjungi rumahnya Go-kun hehehe* Menurut Japan guide, di museum ini berbagai model kereta api dari tahun ke tahun dipajang. Juga ada miniatur dan simulator dari stasiun2 besar kereta api. Bahkan ada model miniatur dari tokyo station.Gw ngebayangin bisa foto2 di berbagai jenis kereta dari yang antik sampe shinkansen terbaru. Seru ya kayaknya...



 Masih ada lagi sih, ramen museum dan cup noodle museum di Yokohama... Bisa jadi alternatif kalo pengen kesono. Ada juga open air museum di Kawasaki City deket museum doraemon dan beberapa museum menarik di sekitaran Saitama perfecture dan Kanagawa Perfecture.... So?? Ikku mashou ka??

No comments:

Post a Comment