Friday 29 January 2016

[Kdrama] Naeil's Cantabile : Underrated

Aduh, kenapa dorama ini ratingnya rendah banget yah... Hanya 5.8%..... Padahal bagus, menurut gw..... Apa karena kalah pamor sama Nodame? Atau fans2 nya nodame masih sibuk ngebandingin dengan versi Jepangnya? Ga adil kalo ngebanding2in ya. Karena kalo drama Korea  harus romantisme yang ditonjolkan. Sementara yg versi Jepang lebih ke perjuangan meraih mimpi. Romancenya cuman bumbu pemanis cerita. Tapi menurutku Naeil Cantabile ini masih berasa Jepangnya kok. Cinta terselubung (tsundere gitu deh), menemukan tujuan hidup karena cinta dan kerja keras meraih mimpi.Tema2 umum di drama Jepang yang jarang ditemukan di drama Korea.



Cha Yoo Jin (kenapa harus namanya Eugene? Gw ga suka nama itu. Nama guru fisika gw waktu SMA yang membuat trauma.... protes ga penting) adalah jenius musik yang terjebak ga bisa mewujudkan mimpinya untuk belajar musik klasik di eropa karena phobia terbang dan phobia air akibat trauma kecelakaan pesawat yang dialaminya. Yoo Jin membenci hidupnya di Korea, benci ama dosennya, benci ama sekolahnya, benci ama teman2nnya. Jadilah dia bagaikan hidup sendiri, uring-uringan dan tidak bahagia.

Sampai suatu hari Yoo Jin ditemukan oleh Seol Nae Il. Gadis yang terjebak dalam jiwa anak-anak dan tidak bisa tumbuh dewasa. Buat Nae Il, hidup adalah bermain dan bermain, semua yang dia lakukan sesuka hatinya. Every day is a happy day. Padahal realitas hidup adalah kompetisi, siapapun dia. Untuk bisa menang kompetisi itu, kita harus menjadi lebih baik setiap harinya. Nae il dilahirkan dengan bakat musik yang langka Auditory Sensoric Memory. Hanya sekali mendengar, dia bisa memainkan musik klasik persis seperti yang didengarnya. Waktu kecil umur 5 tahun naeil sudah bisa memainkan Chopin Etude Op 25 lengkap hanya dengan sekali dengar. Bakat ini dikenali oleh seorang guru piano ambisius yang memaksanya untuk berlatih, sehingga Nae il trauma.

Dua orang yang trauma ini dipertemukan oleh takdir dan berproses untuk saling mengobati. Proses inilah yang jadi plot utama cerita drama ini. Dalam proses itu mereka bertemu dengan orang-orang unik lainnya. Para jenius musik yang tidak bisa terikat oleh aturan baku musik klasik, dan lebih menuruti kata hatinya. Setiap genius selalu punya masalah yang unik, keuangan, cinta, kehidupan dll. Para jenius ini kemudian dikumpulkan dalam sebuah orkestra, disitulah akhirnya mereka menemukan teman, sahabat dan cinta.



Gw suka alur ceritanya ngalir enak.... setiap episodenya menarik. Biasanya gw kalo nonton K-drama ep 1-5 nontonnya selewat2... karena biasanya cerita latar belakang yg kadang ga bagus nyeritainnya. Tapi Naeil Cantabile ini udah bikin exciting dari ep 1 (walopun gw awalnya ga suka rambut Joo Won disini, tapi belakang2an makin pantes ama mukanya). Dan tiap episodenya selalu ada momen2 menarik yang pengen gw ulang2. Ekspresi jelesnya Yoo Jin... Muka hornynya Naeil, Atau dialog mereka berdua yang suka bikin mata gw stuck di layar monitor. Juaralah akting mereka berdua!!

Kalo versi jepangnya dibikin komikal banget yang lebay, misalnya adegan Nodame di lempar sama Chiaki sampe jauh banget, maka versi Korea lebih manusiawi. Adegan lempar2 nodame jadi tepis2an Naeil sekuat tenaga Yoo Jin. Lucu juga.... dan ga jadi slapstik. Baguslah...


Suka banget sama chemistrynya mereka berdua off-screen dan on-screen

Kalo dari review-review yag gw baca, banyakan orang mengkritik karakterisasi tokohnya kayak Maestro Stressmen nya yang inggrisnya acak kadut LOL. Tapi Stressmen versi Jepang juga lebih acak kadut hahaha.... Terus dosen killer, yang lebih tampak kejam dari pada Harisen Sensei versi Jepang. Naeil juga dianggap lebih loner dari Nodame. Tapi menurutku karakterisasi tokoh-tokoh disini lebih manusiawi. Yoo Jin Sunbae terlihat lebih lembut dari Chiaki Senpai. Naeil juga lebih terlihat lebih "biasa" dari Nodame yang keliatan cantik dari awal (Ueno Juri emang aslinya cantik sih ya, jadi susah nutupinnya). Kalo karakter violist nya aku lebih suka Mine - Kiyora daripada Ilrak - Shiwon lebih terlihat massive aja mereka berdua. Kompak. Sedangkan untuk tokoh queer nya gw lebih suka versi koreanya sih... hahaha. Lebih feminin. Contra bass juga lebih cocok versi Koreanya.

Buat yang suka k-drama karena adegan kissu2. maka jangan harap disini ada adegan kissu. Semua cuman sampe nyaris ciuman. Udah sedekat apapun pasti ga jadi hahahaha.... Tapi romance nya kuat banget. Penonton bisa ngerasain perubahan perasaan Yoo Jin hanya lewat tatapan dan gerak tubuhnya. Duh untung Joo Won punya mata yang sangat ekspresif. Jadi penonton ga susah2 menafsirkan adegan romance terselubung ini. Penonton ikut kebawa suasana pas liat Yoo Jin tiba2 pengen nyium Naeil yg lagi tidur, tapi Yoo Jin keburu nyadar dan malu hahaha...


Well, nonton Naeil Cantabile ini punya efek ganda buat gw. Pertama mabok Joo Won gw makin menjadi2. Kayaknya gw bakal jadi fans dia selamanya... hahaha. Jadi Cha Seung Won sekarang bukan satu2nya aktor korea idola gw. hahaha. Tapi liat entar deh *ga yakin* takutnya kayak Kim Soo Hyun, yang ga bertahan 1 tahun hihihihi.  Efek yang kedua, gw jadi pengen namain anak gw NAEIRA.... gegara suka banget denger panggilan Nae Il Ah... hahah... Kelar hidup gw.

2 comments:

  1. Korea ga suka drama model beginian kali Mbak, makanya underrate. secara gitu, drama korea yg ngehits kan selalu seputaran si kaya - si miskin, love triangle, gitu2 deh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooo... pdhl ini juga cowoknya kaya. cuman cewenya ga miskin2 amad sih... mungkin yg love trianglenya yg kurang nendang kali ya

      Delete