Monday 18 January 2016

[Taiga] Gunshi Kanbee : Arti Kesetiaan Tanpa Batas

Taiga Drama menurut wikipedia adalah judul generik yang diberikan stasiun tv NHK untuk serial drama tv mingguan yang berlatar belakang sejarah jepang. Biasanya tayang selam 1 tahun penuh sekitar 50 episode. Seperti yg udah gw ceritain di blog-blog yg dulu, gw adalah penggemar berat Taiga Drama. Drama tentang Samurai jaman restorasi Meiji adalah tema favorit buat gw. Setiap taiga yang mengambil setting jaman Restorasi Meiji pasti gw tonton. Atsu-hime, Shinsen-Gumi dan Ryomaden semua habis gw tonton dengan lancar.

Kalo yg jaman lain kayak jaman Sengoku (jama perang) atau Jaman Heian gw belum bisa seneng banget. Well, gw nonton Tenchijin jaman Sengoku dan Yoshitsune jaman heian tapi ga tamat hahahaha... entah kenapa.... keburu bosen hahahaha... Gomen. Makanya suka agak males nonton taiga jaman sengoku atau heian. Tapi pas diumumin kalo Mang ijun bakalan maen Taiga bersetting jaman Sengoku.... Gw langsung exciting.... Well, Taiga + Mang Ijun, This is Heaven....  I couldn't ask for more.


Sebelum dramanya tayang, gw baca2 dan cari info ttg siapa sih Gunshi Kanbee? secara gw ga apal tokoh2 jaman sengoku. Taunya cuman Trio Nobunaga - Hideyoshi - Ieyasu. Jadinya gw dapet info kalo Kanbee ini adalah jendral strategi perangnya Toyotomi Hideyoshi. Oke baiklah... He is in the big picture. Berarti cerita Kanbee ini ga lepas dari cerita tentang Nobunaga dan Hideyoshi.

Oda Nobunaga adalah Shogun yang punya mimpi besar untuk menyatukan Jepang dibawah kepemimpinannya. Pada masa itu, Jepang terbagi2 atas beberapa tuan tanah atau daimyo besar yang berkuasa penuh atas sesuatu area. Mori di Selatan, Hojo di timur dan lain-lain. Demi mewujudkan mimpinya, Nobunaga melakukan agresi ke beberapa wilayah untuk meluasakan kekuasaannya. Tidak segan2 dengan cara yang kejam.

Sementara itu, Kuroda Kanbee lahir dari keluarga yang bukan asli samurai. Kakeknya adalah saudagar yang berjasa pada daimyo kecil sehingga diberi kekuasaan atas sebidang tanah di Himeji. Pada jaman itu, orang yang punya kekuasaan atas sebidang tanah, maka dia jadi raja kecil dan berhak punya pasukan buat melindungi tanah dan orang2 yg bekerja diwilayahnya. Dengan demikian ayahnya Kanbee menjadi samurai yang berbakti pada daimyo yg bekuasa disitu, Kodera Masamoto. 

Sejak remaja Kanbee diserahkan untuk bekerja pada keluarga Kodera untuk menunjukkan kesetiaan ayahnya pada klan itu. Sampai Kanbee bertemu dengan Toyotomi Hideyoshi, jendral perang yang sedang naek daun karena sangat dipercaya oleh Oda Nobunaga. Kanbee bekerja pada hideyoshi sambil belajar mengenai strategi perang pada Hanbei Takenaka yang sangat pintar. Dan ketika Hanbei meninggal, Kanbee pun menggantikan sebagai ahli strategi perang. Hanbei dan Kanbee.... Hmmmm kok namanya.... wakakaka....

Ketika Nobunaga terbunuh secara mengejutkan oleh Akechi Mitsuhide, Kanbee berperan besar dalam mendukung Hideyoshi mengambil alih kendali kekuasaan. Berpegangan pada mimpi Nobunaga mengenai Jepang bersatu, mereka pun melanjutkan agresi menaklukan daerah2 lain. Kanbee yang cerdas dan pintar membaca situasi, berperan besar terhadap kesuksesan pasukan Hideyoshi. Sehingga lama-lama Hideyoshi merasa terancam oleh Kanbee dan mulai melakukan tindakan2 yang tidak adil untuk menekan pengaruh Kanbee.

Kanbee sendiri bukannya tidak sadar dengan situasi itu. Dia kemudian menunjukkan kesetiaannya kepada Hideyoshi dengan menyerahkan anak/keluarganya sebagai sandera di kastil Hideyoshi. Ketika Kanbee tertarik pada ajaran kristen dan mulai memeluknya, Hideyoshi ketakutan akan kalah pengaruh, dan melarang ajaran kristen di Jepang, Kanbee pun melepaskan kepercayaannya. Pengorbanan demi pengorbanan yg dilakukan oleh Kanbee seakan tidak pernah cukup bagi hideyoshi. Hingga Kanbee menyerahkan kekuasaanya pada anaknya, dan menyatakan diri sebagai pendeta Budha. Itupun masih belum bisa meyakinkan Hideyoshi.

Baru setelah Hideyoshi meninggal dan terjadi perebutan kekuasaan, antara Klan Tokugawa dengan pasukan Ishida Mitsunari yang membuat pasukan peninggalan Hideyoshi terpecah belah, Kanbee pun bergerak di daerah Kyushu mencoba menguasai seluruh pulau Kyushu. 

Buat gw, nonton Kanbee adalah nonton sebuah kesetiaan tanpa batas. Jujurly gw ga abis pikir kenapa kok kanbee mau2nya tetap setia setelah diperlakukan seperti itu. Tapi mungkin buat orang Jepang, kesetiaan pada majikan harus dijunjung diatas segalanya.... (kasus SMAP dan JE, contohnya, tapi itu dibahas di blog lain aja).

Well, ga lengkap review ini kalo ga bahas Mang Ijun. Gw kagum aja liat perubahan fisik dan ekspresi mamang disesuaikan dengan perjalanan hidup kanbee. Mamang bisa berubah dari samurai muda yang baik hati menjadi bengis dan tanpa ampun kemudian berubah menjadi orang tua yang bijaksana dan tenang. Dari muka cakep klimis jadi berjenggot ga keurus sampai jadi botak di akhir hayatnya, mamang tetep tampak cakep. Agak ga tega pas pertama kali liat dia botak, tapi lama2 malah makin keliatan berkarisma Huaaaa.... Mamang I Love You more and more..... hahahaha...

Yang gw ga suka dari taiga drama ini adalah pemeran2 ceweknya. semuanya tante2, gada yang muda. Well ada Kiko Mizuhara sih muncul bbrp episode. Tapi diluar itu, tante2 semua. Agak ga ridho sih, pengennya ada Horikita Maki atau Aoi Miyazaki (ihiks... ) tapi kayaknya budget udah abis buat bayar Mang iJun dan Ikuta Toma, jadi berat kalo harus ngambil artis muda yg top2. hahaha...



3 comments:

  1. MOUSHIAKE GOZAIMASU..! OKATA-SAMA..

    Mungkin yg nyentuh itu pas Kang Kanbe dimasupin penjara kolong ama si Araki Murashige ye Okata-sama.. ga tau, jadi touching bener ape gegare itu moment emang beneran kejadian dulunye menurut catatan sejarah.. enak kali ye kite nonton era Majapahit model begitu ga ada naga-nagaan..hahaha

    Yg sayangnye, kenape itu pala si Kodera Masamoto ga di penggal ajeh ye, kan kayaknye dendam Kang Kanbe juga muasin yg nongton..

    trus moment yg bener menurut catatan sejarah juga pas Mori Tahei akhirnya dapetin "Nihongo" punya Fukushima Masanori setelah kalah tarohan kuat-kuatan minum sake itu juga beneran..

    tapi masih mending nontonin Gunshi Kanbe daripade Toshiie to Matsu, isinye obrolan emak-emak mulu, perangnye seuprit..haha

    GOMEN..!

    ReplyDelete
  2. Oda, Mori, Hojo itu Daimyo bukan Shogun. Toyotomi aja bukan Shogun. Ashikaga sama Tokugawa yg Shogun.

    ReplyDelete