Saturday 29 June 2013

Fanwar - dispute di furuyuki weibo

Seumur hidup gw yang tua ini selama ngefandom, belum pernah gw merasa menderita kayak 2 hari yang lalu karena sebuah fanwar.... Well, sebenernya sih bukan fanwar, perang bashing2-an antar fan, tapi lebih ke serangan para fans kepada seorang idolanya yang bertubi-tubi dan gencar sekali. Biasanya tuh, gw ga pernah ambil perduli sama fanwar. Kalo pun ikut2 ngebashing hanya demi "memeriahkan suasana" Ngomporin aja... wakakak. Ga pernah gw ambil hati sampe musuhan ama fans yang ga sepaham. Gw mikirnya praktis aja, emang idola lu bakal baca pembelaan lu yg mati2an ga tentu arah? Emang idola lu peduli lu mo ngomong apa? Emang dia pikirin? So, capek jiwa raga banget gw kalo ikut esmoni karena seseorang yang ga kenal gw, biarpun gw puja-puji tuh orang setengah mati.
Tapi kali ini beda.... Gw bener2 ngerasa ga enak, sedih dan ikutan sakit hati saat terjadi pembashingan besar2an di weibo nya Furukawa Yuki, oleh para fans nya di China sono. Sumpe, gw ga tegaaa..... Gw pikir pasti Yuki baca tuh semua tulisan itu. Pasti dia yang baca, bukan cuman manajemennya, tapi dianya juga baca..... Tega bener dah para fans ya? ga mikirin kalo idolanya juga manusia yg punya perasaan.



In my short period of time as his fans. Gw selalu merasa kalo Yuki itu baca semua komen yang apapun yang dibuat oleh fansnya. Baik di facebook, di blognya (ameblo) ato bahkan di weibo nya. Dia buka weibo juga karena banyak pertanyaan dan permintaan dari fans china untuk buka weibo. Pernah dia posting tentang asal-usul casing hp nya yg bergambar bunga matahari, hanya karena banyak pertanyaan tentang casing buluk dan norak (menurut gw ya) itu. Sungguh gw merasa kalo dia beneran baca tuh semua komen yang ditulis ama fansnya di site-site resminya. Gw suka deh cara dia memperlakukan fans nya. Dia posting foto tentang hadiah2 dari fans. Dia pake juga baju, casing, gelang dll yang dikirim dari fans. Dia bikin video just to say hi for his Chinese fans. Dia buka sesi jawab pertanyaan dari fans amerika dalam bahasa Inggris dan di-videokan juga. Gw pikir dia bener2 tulus menghargai fansnya.



Jadi ya, waktu kemarin terjadi pem-bashing-an besar2an di weibonya, gw dah ngerasa kalo Yuki pasti kepikiran. Bener aja kan, menurut seorang fans china, temen di forum Itakiss... Yuki jadi makin sering online dan ngecek weibonya. Biasanya cuman 1 hari sekali, ini bisa sampe tiap 2 jam dia cek. Dan biasanya cuman 5 menit, ini bisa sampe 15 menit tiap online. Dan setiap dia keliatan online, bashingan para fans pun semakin menggila... *hadeh* Puncaknya adalah kemaren malam, saat Yuki online selama 1,5 jam in silent.... Ga posting apa2, ga posting foto, ga posting link, ga posting reply-an apapun... *gw rasa sih dia sibuk bacain semua serangan yang dibuat fans nya*



Berawal dari beredarnya video lama Yuki saat tampil di acara Take Me Out tahun 2010, ada fans yang iseng searching2 tentang cewek yang dipilih Yuki dalam acara itu. Ketemulah kalo si cewek (Fujisawa Hanae) punya ameblo juga. Dan ternyata di ameblo nya itu ada poto2 Hanae san dengan gaya selka jayus mirip ama gaya Yuki. Booo... dan isengnya lagi, fans itu nyadar kalo background poto jayus itu juga sama ama yang Yuki punya. Sumpe looo... sama persis. Bener2 di ruangan yang sama dengan angle yang sama. So, kesimpulannya si cewek serumah ama Yuki, ato at least suka nginep dirumah Yuki. Logis... Dan walopun sejak setelah Juli 2012 Hanae-san ga pernah lagi posting poto selka jayus kayak dulu, ada kemungkinan mereka udah putus, ato mungkin cuman mau berhati2 aja, but the damage have been done. Fans udah keburu marah dan kecewa.



Sebenernya sih ya, apa hak fans buat marah? Yuki bukan idol (walopun menurut gw idol juga boleh punya pacar kaleee, but it's just me) dia aktor. And an actor is a human too. Have a private life, social life, etc...etc... So, what?? Kalopun saat ini Yuki sedang "naek daun" dan begitu diidolakan sebagai pacar idaman, tetep aja dia adalah seseorang yg ga bisa kamu miliki. Gw ngerti sih kekecewaan fans. Fans ngerasa kalo dia dekat dengan Yuki. Jarang banget liat artis yg ampir tiap hari share sesuatu di FB, blog ato media sosial lainnya kayak orang2 biasa pada umumnya. Kayak kita-kita aja, mendapat secuil kebahagiaan dari sekedar membaca postingan geje, komen2 lucu atau link2 aneh. Dan fans ngerasa deket ama Yuki karena mereka bisa apdet apapun kegiatan Yuki. Tapi tetep aja itu bukan alasan untuk fans boleh marah karena dia punya pacar.

I quote my friend di forum....
"Well, you learn scandals comes with popularity. If you have scandal it just proves how popular you already that even people care who you date or dated. So it's okay. Yuki shouldn't mind it really. He isn't an idol that aren't allowed to date. He is just an actor he is free but just needs to be careful from now on because of sudden status now. To keep *single* man image for the fans.
I guess fans feel a little hurt because of the level of closeness and relationship Yuki has with the fans. Because not everyday you meet a Japanese actor who post on Weibo/Facebook almost everyday. Acknowledge your gifts and even posting them and how generally international appeal he is because he speaks english. So it's like Furuyuki is so easy to reach him? If you guys know what I mean XD probably fans just feel betrayed a little XD but it's normal you know, if you are a fan we shpuld just move on and keep supporting him"
That's a good point.

So, I decided to support him and express my concern and how I feel in his FB just to let him know that there's a lot of fans who support him.

20 comments:

  1. ih anjir yaaaaaaaaa, kok gue beru nemu postingan ini-_______- penasaran udah dari lama tentang yuki sama cewe yang take me out itu, eh baru ketemu sekarang postingan kaya begini hadeeeeeeeeeh. kalo bener itu tinggal serumah yuki udah gak perawan kali yak T.T padahal gue pengen banget yuki sama honoki :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taelaaa Kaaak... Yuki udah 26 th umurnya, mana pernah tinggal di amerika pula... Ya pasti udah ga perawan lah... Masa selama ini dipake pipis doang wakakak *digeplak*

      Honoki berlanjut kok di sisen 2... Tenang aja...

      Delete
    2. waah saya baru tau yuki telah mengalami cobaan yg sangat dalam T^T i feel sorry for him... kalo blh tau, sebenernya yuki dikatain apa aja sih sama fansnya yg pas insiden weibo itu? hehe aku tau ini uda basi bngt. tapi penasaraan. secara aku baru tertarik sama dia setelah nntn itakiss kemaren xD
      thank you infonyaa

      Delete
    3. Aduh maaf baru bales.... baru baca soalnya.
      udah lupa nih kasusnya udah lama...
      Kalo ga salah dikata2in pembohong, fans maunya dia ama miki honoka aja...
      ga rela yuki punya pacar gitu. semacam gitu deh agak lupa

      Delete
  2. ano.. sekalian kalo blh tau, blh minta link2nya official acc yuki ga? aku baru nemu twitter nya doang 'A' itu juga kurang yakin. thank you in advance!! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yang bahasa inggris --> https://www.facebook.com/yukifurukawa.official
      yang ini bahasa jepang --> http://ameblo.jp/furukawa-yuki/
      buat yg bahasa china --> http://weibo.com/u/3285567672

      Silahkan dilihat2...

      Delete
  3. Aduuuuh telat banget suka sama Itakiss LIT abis baru nonton sekarang sih. Biasanya nonton kdrama. Pesonanya si Yuki bener2 dah ampuuuuuuun. Gw jadi penasaran ama skandal masa lalunya Yuki itu pas searching nemu blog ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha? baru nonton mbak? kemana ajeee?? hehehe
      mulai tgl 24 november 2014 ini, maen Itazura na Kiss Season 2 di Jepang.
      bentar lagi juga dah ada donlotan nya... siap2 aja mabok yuki lagi hehehe

      Delete
  4. Salam kenal mba :D ..
    Btw , buntut dari fanwar ini apa yaa ??
    Penasaran.. soalna kaya menguap gitu aja , yuki konfirmasi sesuatukah ?? Udah lama bgt ini tapi aneh aja gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal lagi... maaf baru bales. ga kebaca sih
      buntutnya apa yaaa?? udah nguap begitu aja.... namanya juga gosiplah...
      Yuki ga konfirmasi apa2 sih...
      Silahkan fans menebak2 sendiri
      hehehe

      Delete
  5. i fell so sory about that.. bener juga sih min.. he's not an idol, just an actor, right?
    yang namanya fans ya fans kan, duh gak kebayang beratnya ky gimana khidupan furuyuki pas itu.
    #latepost thanks ya min info nya. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. ini postingan udah ampir setahun yak...hahaha
      gw juga udah move on ke aktor laen hihihi....

      tapi ini postingan hit nya banyak banget. ampe sekarang masih banyak yg baca.
      bingung juga gw

      Delete
  6. AKU TERHARU BACA INI... kamu perhatian banget sama Yuki ya ternyata mbak... *nyeka air mata*. Ih berarti abis ini kita dong yang kena bash sama fans cina? Wakakaka.. foto kita udah kesebar di weibo hahahahahhahahahahaa *pingsan*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpe lo?? Tapi gada nama kita kan?? eh atuh... kudu kumaha?
      Ah biarlah... Anjing mengonggong aku berlari sajah...

      Delete
  7. wih kasian ya yuki di bash juga,pdhal kan yuki juga manusiaaa hikss T_T
    mba salam kenal buat yg bikin postingan :D akhirnya tau juga siapa nama cewenya yuki hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... tapi ini kan rusuh tahun 2013 kaaak.. udah lama.
      Sekarang udah beda.

      Salam kenal lagi. Makasih udah baca blog aku ya

      Delete
  8. yuki punya instagram gk ?? apa baru facebook ,, twitter sama blog aja ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu ada instagramnya. Tapi kayaknya udah diapus account nya...

      Jadi cuma FB, Twitter, Weibo ama Ameblo aja. Silahkan follow semuanya hahaha...

      Delete
  9. Hallo lagi kakk, huhuhu aku kudet banget kak baru tau info kaya gini😭 tapi makasihh kak, infonya bisa nambah informasi yangaku tau tentang yuki🙆

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2.... makasih juga udah baca postingan ga penting ini heheheh

      Delete