Wednesday 10 June 2015

Etika ber-sosmed

Gw adalah penggemar drama-drama Jepang sejak dulu kala. sejak Tahun 2000an dimana rasanya waktu itu gw kayak sendirian di negeri ini. Ga ada orang laen disekitar gw yang bisa diajak ber"kya-kya"abis nonton suatu drama. Susah banget nyari informasi ttg drama-drama baru, dimana pada saat itu internet masih sangat terbatas. Susah sekali buat bisa nonton drama Jepang yang ada subtitlenya. Jangan harap yang ada sub Indonesianya, sub Inggrisnya aja kadang kita mesti berjibaku masuk ke forum-forum diskusi luar negeri kayak Hongkong, Singapur atau Philipina yang penggemar drama jepangnya lebih banyak.

Masuk ke forum-forum luar negeri itu perlu keberanian ekstra, karena keterbatasan dari segi bahasa. Belum lagi gw ga tau habitnya orang-orang disono. Jadi kalo mau masuk dalam suatu forum biasanya gw hati-hati memperkenalkan diri, menyusun kalimat dengan sopan dan dipikirkan berkali2 sebelum di posting. Gw ga mau membuat siapapun di forum itu tersinggung atau berpikir "syapah sih nih anak, ga sopan banget" Secara kita kan ga bisa liat seperti apa muka2nya mereka.

Mungkin karena biasa begitu, sampai sekarang pun kebiasaan bersopan2 di dunia maya ga pernah ilang. Sekarang di jaman sosial media menjamur kayak gini, semua orang bisa akses internet, dari orang tua, dewasa muda, remaja sampai anak-anak bisa akses internet dari layar hapenya, gw masih berusaha menjaga kesopanan dalam berbahasa tulisan. Kecuali ama temen-temen yang udah deket banget, yang udah senpai-senpai di dunia perJepangan. Itupun kalo orangnya yg gampang tersinggung juga gw masih jaga bahasa.

Tapi kayaknya sikap berhati2 dan bersopan2 ini tidak berlaku bagi kebanyakan pengguna internet jaman sekarang. Ketika dunia dilanda Korean-Wave dengan Kpop nya, maka dunia maya Indonesia pun dibanjiri oleh ABG-ABG yang masih labil secara emosional dan sepertinya ga ngerti bersopan santun di dunia maya. Asyik nge mention orang berkali2 di twitter dengan CAPSLOCK, ga taukah kalo itu sangat menganggu??


Kejadian yang baru2 ini gw alami juga sangat mengganggu. Dimulai dari Tantan nge-aplot foto selfie kita dengan Furukawa Yuki 5 jam setelah kejadian. Dan langsung di-retweet sebanyak 100 kali dalam 24 jam. Setelah itu datanglah banjir mention2 dari orang2 ga dikenal. "INI Di HOTEL MANA?" atau "Yuki nginep dimana sih? FAST RESPONSE PLS"... Duh, anak sekarang.... gada sopan2nya ya? Mbok kalo nge-mention orang yang ga dikenal itu pake memperkenalkan diri dulu kek.... pake bahasa yang sopan dan manis kek.... Gw kan bukan seleb yang "menjadi milik publik" dan bisa dikata2in seenak2nya *hadeh*

Untungnya twitter gw di-lock, jadi org2 yang ga kenal ga bisa baca timeline gw. Sayangnya Instagram gw enggak.... hadeh... dan orang yg nanya di twitter pun pada nanya di Instagram. Si Puti n Tantan sih udah pada kebal dan nyuekin semua pertanyaan dari orang yg ga kenal. Pengen juga gw cuekin, tapi kok ga tega yah... Jiwa emak2 gw muncul kalo gini nih...

Jadi percakapan di IG gw kayak gini... (ababil ; ABG labil yg gw ga kenal, Emak2labil : Gw)

Ababil 1 : ANJIR gw envy.... (duh... ini anak syapah sih kok kata2nya gitu)
Ababil 1 : Ini dimana? kasih tau dooong 
Ababil 2 : Ini di Hotel mana? Yuki udah cek out belum?? (jujurly, gw ga tau kapan dia cek outnya)
Ababil 3 : Gimana bisa ketemunya? dimana sih? cerita dong??
Emak2labil : Kita dipertemukan oleh takdir kaaak..... :p :p
Ababil 1 : Yaah... di Hotel mana? kasih tau dong pls, dia udah cek out belum? PLS JAWAAAB (duuuh.... if you're nice I will tell you.... :p)
Emak2labil : Atuh kudu kumaha jawabna? Berdoalah nak... Semoga Allah memberimu kesempetan untuk bertemu Yuki. 

wakakak... gw rasa para ababil itu udah garuk2 aspal, garuk2 tembok. atau garuk2 beton saking penasarannya...

Ababil 2 : Udah cek out beluuum?? pengen ketemuuuu...
Emak2labil : Ke Bandara aja gih, paling sebentar lagi juga pulang.
Ababil 2 : Beneran dia pulang hari ini?? (euh... ini sih berdasarkan feeling gw aja)
Ababil 3 : Pulangnya jam berapaaa?? (lha, gw kan bukan panitia, mana gw tau??)

Jujurly, gw ga bisa jawab pertanyaan mereka sih, kan gw fans juga bukan panitia. Cuman bisa memperkirakan aja berdasarkan pengalaman gw memantau artis jepang/korea yg dateng ke Indonesia. Akhirnya gw kasih tips aja.

Emak2labil : Gw juga ga tau jam brp. Coba liat aja jadwalnya JAL jam berapa aja berangkatnya. Biasanya sih kalo jam 12 malem berangkatnya, jam 6 udah di Bandara.
Ababil 3 : Ya ampun, makasih banyak ya infonya.... (yaelaah... segitu berharganya info gw, pdhl itu mah logis aja... berdasarkan fakta bahwa late check out hotel ga akan lebih dari jam 6 sore)

Ababil 4 : Itu Yukinya udah fix pasti pulang hari ini?? (ga tau juga gw, tapi mo ngapain lama2 di jkt coba... emangnya lagi liburan??)
Emak2labil : Iya. Cepetan gih. Padahal tadi siang dia jalan2 ngemol di GI/PI, kalian kemana aja sih??
Ababil 4 : Susah nyari info Yuki dimana tuh, gada yg update. (errrr??? Helloooow??? tinggal search #Furukawayuki atau #yukifurukawa di semua sosmed, udah murudul semua update-an Yuki ada dimana.... ini jaman internet nak!!!)

Abis itu gw merasa lelah... wakakak... salah gw sendiri sih ngeladenin...
Gw ngerti banget perasaan mereka yg pengen ketemu idolanya. Gw juga gitu. Tapi coba mereka pake bahasa yang bagus, mungkin akan senang hati gw kasih tau via japri.

" Mbak salam kenal, seneng ih bisa ketemu idola. Saya juga pengen. Saya ngefans juga sama Yuki karena..blablabla... boleh di share ga infonya dia nginep dimana?"

Coba mereka teh begitu ngomongnya, pasti gw share perkiraan gw ttg keberadaan Yuki, berdasarkan profesional judgement sebagai stalker dunia maya bertahun2... LOL....LOL...

Sayangnya gada yang begitu..... Anak jaman sekarang *geleng2 pala*


No comments:

Post a Comment