Wednesday 25 January 2017

[K-Drama] Goblin : Legenda Korea dan Kebaperan Gw

Akhirnya gw putuskan untuk menuliskan saja segala kebaperan gw 3 bulan terakhir ini. Secara ini baper ga ilang-ilang, dan gw merasa sudah saatnya gw berhenti baper. So, untuk segera bisa Move On, maka gw tulis semua disini. Mohon dimaklum kalo tulisan ini bukan review drama tapi isinya norak2an kelabilan seorang emak2labil dalam fangirl mode ON. Karena ini ditulis saat masih tergongyoo dan tergoblin (ngikutin bahasanya Ayi).


Goblin, the lonely and shinning god, adalah drama yang tayang akhir tahun 2016 sampai awal tahun 2017 di tipi kabelnya korea, TVN. Drama ini genrenya fantasy, genre favorite gw karena penonton dibebaskan dari segala logika, dan asyik aja ngikuti alur imajinasi penulis skenarionya. Well, sebut aja My Love From The Star, Secret Garden, Guminho, 49 Days dan sejenisnya, yang menurut gw adalah drama2 yang sangat menarik dari awal hingga akhir.

Menurut gw, Korean drama kadang suka lemah di logika dan ending yang sering bikin gw sebel. Kayak 2 episode terakhir Descendants Of The Sun. Kapten Yoo Si Jin udah ketembak, berdarah2 eh hidup lagi. Terus endingnya udah di bazooka juga, masih muncul dan hidup kembali…. Oh please deh….. Maksa banget. Walopun gw suka happy ending tapi sebaiknya ga usah dipaksain deh. Sometimes tragic ending juga bisa meninggalkan kesan dihati….. Ending yg bikin pengen nulis surat protes ke writer-nim lebih mending daripada ending yang bikin pengen langsung di delete dari ingatan. Hahahaha…. *penonton kebanyakan protes*

Kembali ke laptop, K-drama berjudul Goblin (Dokkaebi) ini bercerita tentang Ji Eun-tak (yang diperankan dengan baik sekali oleh Kim Go-Eun), seorang gadis berumur 19 tahun yang punya tanda lahir di punggungnya. Menurut legenda, anak yang punya tanda lahir seperti itu, dia adalah calon istrinya goblin (dalam bahasa Korea disebut Dokkaebi Shimbu – The Goblin’s Bride). Sementara itu Sang Goblin, Kim Shin sudah lelah menjalani hidup yang panjang. Sepanjang hidupnya dia mencari ‘bride’ nya ini. Mencari cewek yang bisa liat pedang kasat mata yang tertancap didalam dirinya……. Untuk memintanya mencabut pedang itu dan membebaskannya dari kehidupan abadi. Ji Eun-tak pun ketemu dengan sang goblin, yang sudah hidup lebih dari 900 tahun, dan mereka pun jatuh cinta. Tapi kisah cinta antara 2 makhluk berbeda ini tentu saja ga akan mulus….. *Ya kalo mulus2 aja ga asyik buat dijadiin cerita kaleee… hahaha.* Yang jadi hambatan adalah setelah bertemu Ji Eun-tak ternyata Kim Shin jadi tidak ingin mati. Jadi kumaha atuh….??


Dalam legenda tradisonal Korea, Dokkaebi digambarkan sebagai mahluk buruk rupa tapi jenaka dan baik hati. Suka maen dengan anak2, ngajak bercanda dan ngasih hadiah. Kadang dia juga melindungi anak2 dari marabahaya. Karena mukanya yg buruk dan menyeramkan, kadang anak2 Korea suka ditakut2in sama Dokkaebi ini. Tapi kemudian muncul lagu anak2 lucu tentang Dokkaebi pake celana bau yg dinyanyiin oleh The Song Triplet, Daehan-Minguk-Manse di salah satu episode Return of Superman. Jadi beda dengan Goblin versi barat, seperti di film Harry Potter misalnya, atau film Spiderman.

Dokkaebi dalam legenda, mitos kebudayaan Korea

Dalam drama Korea kali ini, Dokkaebinya agak jauh beda dari legendanya…… Kalo jailnya mungkin sama, suka ngejailin orang2, ngegodain Eun-tak, dan suka melindungi orang2 yang membutuhkan keajaiban. Yang berbeda adalah Dokkaebi nya digambarkan sebagai orang yang pemalu, jayus, agak2 penakut dan …… GANTEEEEEEEEEEEEEEENNNNNGGGGG BANGET!!! *maafkan capslocknya jebol, hahaha* Badannya tinggi banget, fashionable dan coat-genic, alias cakep banget kalo pake coat panjang…. Hahahhaha…. *ketawa seteres*. Ya iyalah Gong Yoo gitu looo …….. Dari jaman Coffee Prince udah cakep sih ya dia… dan makin tua makin cakep aja….

Dan bukan cuman Dokkaebi yang ganteng, tapi ada Jeosong-Saja atau Grim Reaper (malaikat pencabut nyawa) yang ganteng ga ketulungan. Terus ditambah lagi ama seorang keponakan lucu unyu2 tipe2 idol/boyband korea. Kurang apa lagi?? Bikin gw betah mantengin ini drama dari episode awal. Lalu interaksi ketiga orang ini pun lucu banget… sukses bikin gw ngakak2 geje. Mau ga mau gw jadi nge-shipper bromance antara Dokkaebi ama Jeosong saja dan Ponakan ama Samchon nya yang kocak banget. Banyak dialog2 dodol antara ketiga orang ini.

Dokkaebi, Keponakan dan Jeosong Saja

Gw ngikutin goblin dari minggu pertama tayang di Korea, dan gw dah langsung suka banget dari sejak ep.1. Mungkin karena dari awal sudah disuguhi pemanadangan autumn di Korea dan Kanada yang cantik banget…. Udah gitu karakternya Ji Eun-tak juga adorable banget…. Waktu Eun-tak ngomong “sarangheyo” di akhir ep 1, gw langsung terkuple2… hahahah…. I feel you Dokkaebi Ahjussi…. Gw ngerti perasaan lu saat itu. Keliatan mukanya ahjussi langsung berubah…. She’s so adorable, right?


Intinya, gw suka semua cast di drama ini… bahkan pemeran jahatnya juga. Semua maennya bagus… semua chemistrynya dapet banget dan semuanya adorable…. Walopun ada orang yang ngeributin soal umur Ji eun-tak yg masih 19 tahun, jadinya kayak om2 pacaran ama ABG. Dan ada beberapa orang yang merasa dragging dan boring ceritanya… Yah selera lah yaaaa…. Ga bisa dipaksa juga…. Tapi gw tetep ngerekomdasiin drama ini untuk ditonton ama penggemar Drama Korea.

Mmmmm, ada sedikit kekurangan, setidaknya menurut gw. Endingnya sedikiiiiiitt “anu” …….. buat gw sih, ending paling pas adalah pas ep 13, saat Eun-tak cabut pedangnya. Itu klimaksnya drama ini. Adegan2 berikutnya sih sebenernya ga terlalu penting hahahah… Sebagai fangirl gw pengen ceritanya berakhir bahagia dong ya… they live happily ever after, tapi sebagai orang yang udah kebanyakan nonton drama, I had enough cheezy ending…. Bikin yang spektakuler kek, ini genrenya kan fantasy, gada keharusan ngikuti logikalah. *Penonton ngebingungin….* Gw lebih tertarik pada bagaimana proses mereka mengambil keputusan untuk mencabut pedang itu. Baik dari sisi Eun-tak maupun dari sisi Kim Shin.


Yah, bagaimanapun drama Dokkaebi ini memberi efek yang dahsyat dalam kehidupan gw…..Ikutan nangis darah pas Eun-tak nangis, senyum2 geje pas Dokkaebinya lagi berbunga2, ikut doki2 pas adegan kissing yang emotional…. Itu semua ga seberapa!!! GA SEBERAPA!!! Bahkan kehidupan nyata gw juga udah mulai terpengaruh hahahah……..  Udah masukin kota Quebec di Kanada sebagai next holiday destination (tau kapan jugaaa). Udah nge-bookmark lokasi2 syuting drama ini, terutama Buckwheat Field nya. Siapa tau kalo ke Korea lagi bisa mengunjungi tempat2 itu. Lagi jalan2 di mol, liat lilin2 aromaterapi yang dipajang, bikin gw pengen niup lilin. Dan yang paling extreme adalah Ga puguh2, tetiba beli parfumnya Body Shop yang kayak Kim Shin hadiahin ke Eun-tak….. Orz…. *Apaanlah hidup gw ini*…. So Cheezy…… Kemakan drama hahaha…. Untung belum sampe tahap pengen beli camera atau furnitur2 yang diiklanin secara terang2an di drama ini.


Well, nonton Dokkaebi ini bikin gw CLBK ke Gong Yoo… alhasil gw nonton2in lagi drama lamanya Gong Yoo. Sejak namanya meroket karena Coffee Prince, Gong Yoo ini termasuk actor yang jarang maen drama. Lebih banyak maen film. Terakhir dramanya sebelum ini adalah BIG tahun 2013. Gw ga terlalu terkesan ama Big. Termasuk yang Bad ending menurut gw sih…. Tapi ciri khas nya Gong Yoo tetep ada yaitu Emotional Kissing Scene yang selalu sukses membuatku terkapar…. Hahahaha… Tiap nonton film/drama nya Gong Yoo, gw lebih banyak nunggu adegan kissu2 aja hahahaha… *maafkan emak2labil ini* Bahkan di film Train to Busan aja, gw masih nunggu2 adegan kissu2…. #plak…. 

4 comments:

  1. I feel same to you... Demam jg sama goblin & blm bisa moveon hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah baca blog Saya.... sekali terkenal demam goblin, lama sembuhnya 😀

      Delete
  2. Gong yoo is just tooooooooo charming, he is seriously like a wine, the most he get older the tasty he become :D bikin para cewe dari abg sampe emak2 baper n susah move on, inget suami maaakk XD , btw gimana wanginya parfum TBS nya mbak enak nggak?:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parfumnya TBS yg white musk itu best sellernya TBS. Alias parfum sejuta umat dah... Enak sih wanginya.... ya tapi pasaran banget hahahaha.... Padahal harganya mahal.

      Btw makasih udah mampir di blog aku yaaa

      Delete