Monday 29 February 2016

[K-drama] Ojagkyo Brothers : Cerita 5 ekor bebek

Faktor apa sih yang menyebabkan sebuah drama panjang bisa sukses dan ratingnya tinggi terus? Faktor pemainnya?? apakah drama bertabur bintang jadi jaminan rating? Faktor ceritanya? intrik politik, penipuan, perebutan tahta.... biasanya bakal bikin penonton tahan nonton drama-drama panjang. Tapi kalo romance... jangan harap makin panjang makin menarik. Terlalu dragging malah bikin penonton ilfil.... Drama-drama saeguk dan taiga (historic drama) biasanya sukses berpanjang-panjang tanpa berasa dragging. Tapi apa jadinya kalo sebuah family drama bisa tayang 58 episode (dimana setiap ep nya lebih dari 1 jam)? Apa yang diceritain?? Udah gitu ratingnya tinggi pula.... *penasaran kaaaan??*


Buat gw, faktor utama yang menjadi penarik gw buat tetep nonton sampe abis atau enggak adalah faktor chemistry antar pemainnya. Sesuka-sukanya gw sama pemeran utama kalo chemistrynya gada, ga berbekas.... males nontonnya. So, gw nonton ojagkyo brothers ini beneran karena tertarik ama chemistry antar pemainnya. Niat awalnya nonton mau pake jurus FF pas bagian Joo Won nya aja. Tapi ga kerasa gw jatuh cinta ama semua pemainnya, terutama the 4 brothers.... dari keluarga bebek ini. Suka banget liat chemistry mereka berempat. Berantem, gelut, pukul2an, saling mengingatkan dan saling mendengarkan persis kayak 4 orang abang adik beneran.

Kakak pertama : Perjaka tua yang udah ngebet pengen kawin. Tapi berhubung standar nya tinggi, jadi susah dapet jodoh. Doyan ama cewe cantik.. tapi cewek2 cantik ga mau ama dia hahaha.... Punya sifat yang rada pengecut dan suka lari dari masalah... walopun kemudian dia bs mengatasinya tapi kesannya reaksinya lambat banget hahaha...
Kakak kedua : Cakep perlente, reporter terkanal sebuah stasiun tv. Fokus ngejar karir ga sempet mikir pacaran apalagi kawin. Sampe satu ketika dihadapkan pada kenyataan kalo dia harus menikahi seseorang yang nyaris ga dikenalnya karena hamil akibat one night stand. O_o....
Kakak ketiga : Polisi penyidik (detektif) versi penegak kebenaran. Jujur, terus terang tanpa basa-basi, ga kenal menyerah kalo nangkep penjahat, tapi ketika ada kasus yang menimpa keluarganya, jiwanya terbelah antara menegakkan kebenaran dan sayang keluarganya.
Adik bungsu : Pemuda pengangguran, pemimpi besar, bercita2 jadi bisnisman sambil ga punya modal. Berusaha nipu sana sini korbannya adalah nyonya2 kaya, kesepian dan buper (butuh perhatian). Kadang kala dalam aksinya dia jual nama kakak2nya yang udah punya karir mapan. hahaha.....

Yah berhubung pemeran utamanya ada 4 orang, so... ada 4 cerita simultan yang diceritain secara paralel yang ujung2nya saling berkaitan. Pantesan aja 58 episode, bagaikan nonton 4 buah drama yang berbeda. Di episode2 awal fokus ada di cerita kakak kedua dan shotgun marriage nya.... lucu banget liat pasangan ini. Marahan, berdebat, saling keras kepala tapi bersama perselisihan itu tumbuh rasa sayang... Gw suka liat mereka berdua... Ceweknya cantik banget... tipe wanita karir mandiri sukses dan ambisius. Tapi di sisi lain dia cuman perempuan biasa yang mengharapkan cinta dari suaminya.



Di episode pertengahan muncul seekor bebek cewek dalam keluarga ini.... Bebek cantik ini langsung menarik hati kakak pertama yang bagaikan dicocok hidungnya nurut aja melakukan segala perintah si cewek. Gw suka liat reaksi adik2nya pas si kakak pertama ini terpesona sama bebek cantik ini... hahahaha.... Bebek cantik ini rupanya troublemaker dalam keluarga ini. Bikin porak poranda ketentraman keluarga. Mama bebek, papa bebek bahkan nenek bebek jadi ga tenang hidupnya... Sementara takdir sepertinya selalu menghubungkan bebek cantik dengan kakak ketiga.....


Di ep 20an sampe 30an ada cerita tambahan tentang kisah kakak pertama... tiba2 harus mengasuh seorang anak berumur 9 tahun, hasil hubungannya dengan wanita philipina sepuluh tahun lalu.... Well, gw jadi inget ada temen yang bilang punya anak perempuan jaman sekarang itu setress... takut tiba2 hamil aja.... Tapi kalo liat drama ini, punya anak cowo sama stressnya... kalo tiba2 bawa cucu kerumah sambil ga ketahuan kapan kawinnya..... mana anaknya berkulit gelap lagi..... Sebagai orang yang serumpun sama org philipina, kayaknya gw agak offends anaknya digambarkan seburek itu hahahaha..... orang kita juga banyak yg berkulit terang kok... *halah* Gw suka skenario ttg anak ini menyentuh banget. Bagaimana si anak yg tadinya dsembunyikan, kemudian jadi bom besar di keluarga sampai akhirnya diterima oleh keluarga bebek yang hangat ini....

Menjelang akhir2 cerita tentang bebek bungsu dan kisah cintanya cukup menarik buat bumbu cerita. Biarpun bukan fokus cerita utama tapi plot nya cukup menarik, dengan penyelesaian yang bagus juga. Well, ga semua abang beradik ini hidup bahagia, ada juga yang sedih tapi he'll survive, sebagai bagian dari proses pendewasaan diri.


Sementara itu fokus utama cerita sepanjang ini adalah cerita bebek cantik dan kakak ketiga yang penuh dengan up and down.... Meskipun ceritanya drama banget dan kayaknya kok kebenerannya ya banget-banget sih?? tapi gw cukup menikmati tarik ulur kisah cinta mereka berdua. Kesan pertama gw sama UEE yang jadi bebek cantik ga terlalu bagus. Menurut gw mukanya UEE itu ga cantik. Cenderung cembung.... dan dia punya mata yang luar biasa besarnya.... Kenapa gw sebut luar biasa, karena pupil (item2nya) keliatan lebih besar dari umumnya pupil manusia. Jadinya matanya makin keliatan besar seakan2 dengan mudahnya bakal melompat keluar. Di ep2 awal, sikap jaimnya bikin gw gada hati ama dia. Sering gw skip adegan2 dia dan mama bebek,  tapi seiring berjalannya cerita, ekspresinya makin bagus dan makin adorable. Mau ga mau gw jatuh hati sama karakternya.... 



Gw ga usah cerita disini tentang kisah mereka yah... udah banyak yang nyeritain hahaha... bahkan di youtube ada yang bikin penggalan2 cerita khusus tentang mereka berdua (Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun). Seperti biasa chemistry Joo won sama co-actress selalu dapet.... Ga usah di omongin lagi... Tapi gw pengen highlight chemistry Hwang Tae Hee dan Kim Jae Ha (abang ketemu gedenya) somehow mengingatkan gw sama Kim Tak Gu... Suka aja liat mereka berdua. Tae Hee yang menolak mentah2 dan Kim Jae Ha yang berusaha menarik perhatian adiknya... hihihihi.... Dan entah napa gw suka banget liat muka kejamnya Joo Won. Dia itu harusnya maen jadi antagonis aja deh... Mukanya menarik banget kalo lagi marah..... Ada dialog Kim Jae Ha yang bilang "gw suka kalo liat Officer Hwang lagi serius dan mukanya cute kalo lagi marah" somehow I couldn't agree more.... hahahaha.... 

Well, sebuah tantangan tersendiri membuat review drama panjang yang banyak aspek nemarik yang pengen diceritain. Kalo terlalu panjang takut jadi boring atau malah jadi spoiler... tapi terlalu singkat juga kok kayaknya banyak banget yang pengen di share...
Pada intinya drama ini RECOMMENDED banget. Terutama buat yang suka ama drama keluarga. Banyak nilai2 yang bisa ditarik dari cerita 4 abang beradik ini. Gapapa berbuat salah, tapi yang lebih penting adalah apa yang harus kita lakukan untuk meluruskan kembali yang salah tadi. Lakukan apapun yang harus dilakukan demi kebenaran. Hidup akan lebih bahagia pada akhirnya....

No comments:

Post a Comment