Sunday 5 April 2020

Pengalaman Sakit Disaat Pandemi Melanda Dunia

Minggu ketiga Work From Home atau WFH, Saya mengalami nyeri dipersendian yang lumayan parah.... Kayaknya efek kurang gerak, kerja di rumah dan video meeting yang bertubi2, ini membuat saya kurang kena matahari dan udara segar. Tapi ternyata berjemur di teras juga ga terlalu membuat saya feeling better malah muncul ruam2 merah gatal di area yang kena matahari barusan....

Sumpah, ga enak banget kondisi badan. Mau gerak dari tempat tidur ke sofa aja, yang jaraknya ga lebih sepuluh langkah, berasa kayak abis lari ultra marathon *lebay ah....terengah2 dan susah napas. Duduk di meja kerja berjam2 mengerjakan pekerjaan bisa anteng karena konsentrasi tercurah pada pekerjaan. Dua jam kemudian beranjak mo ke kamar mandi aja perlu waktu 5 menit karena sendi ga bisa digerakkan sesuai kemauan saya.

Sorenya, Suami saya yg sedang saya Physical distancing-kan karena dia batuk parah udah 2 minggu ga sembuh2. Bukan karena ga sayang, tapi di masa wabah gini kan kalo dua2nya sakit ntar siapa yang mo ngurus? Eniwei, sore2 suami saya mendekat juga karena liat saya mulai ga tahan. Dia pegang kaki saya......

Aa : Yaaaa ampuuun gede amad nih kaki...
Saya : Itu bengkak!!! bukan gendut!!! (lgs ngegas)
Aa : Dih sensi amad... iya bengkak.... ini ujung2 syaraf nya kayak bentuk bentol gitu...
Saya : Sakit banget

Terus dia pijit2 pake balsem dlsb.... lumayan nyaman malam itu.
Eh besoknya pas bangun gantian pergelangan tangan yang cenut2 parah... ikutan membengkak.... bahkan sampe buku2 jari juga bengkak..... Duh Gustiiii.... Sakit apa saya iniii??

Hari ketiga bengkak bukannya membaik malah makin parah.... Mo ke Rumah Sakit kok ya lagi musim wabah... Ntar yang ada malah saya ketularan penyakit orang lain, Ke puskesmas/klinik deket rumah tapi kok penuh banget... yang sakit banyak ya? apa lagi pada ngantri minta rujukan BPJS? udah keburu males liatnya juga.....

Bengkaknya saya kompres pake air dingin.... ganti metodalah, soalnya kemaren pake balsem, kompres air panas dll ga mereda juga.... Jadi aku pakein Voltaren, aloe vera, dan kompres air dingin.... kali aja metoda dingin ini lebih manjur. atau setidaknya memberi rasa nyaman pada kulit.
Kata suamiku, kayaknya ini harus ada obat yang diminum karena kalo dari luar aja ga keliatan ada perbaikan.

Malemnya tetep cenut2..... udah ga tahan karena cenut2 makin parah jam 1 malem kepikiran harus ke dokter, tapi gimana caranya... Terus ingat ada aplikasi Halodoc..... Ya Allaaaaaah, megang handphone aja ga bisa tangan inii.... ngilu banget.... semua otot nyeriiii.....

Saya : Yaaaaang, bukain Halodoc di hpku
Aa : Kenapa? 
Saya : Ga bisa pegang HP.
Aa : Ini masuknya gimana, pake fingerprint iniiiih.....

Duuuh gadget ini menyusahkan ya kalo disaat2 gini,,,,,
Akhirnya berhasil.... untung semua password gopay dan inet banking ga perlu fingerprint

Aa : Ke dokter apa?
Saya : Dokter Kulit aja.
Aa : Kenapa....? 
Saya : Abis bingung mo dokter apa.... mo nunjukkin bengkak2 gini, ke dr kulit dulu aja, ntar paling dia suruh kemana gitu...
Aa : Dah nih... Mo dokter siapa?
Saya : Siapa ajalah..... Cewek kalo ada....

Aa liat2 rada lama...

Saya : Cepetan... yg ada warna merah itu artinya bisa dichat. siapa ajalah....
Aa : Dokter Kristine, Dokter Meta (sambil liat2 bio datanya) 
Saya : Yaudah siapa aja siiih
Aa : Ini aja ya Dokter Rina
Saya : (duuuuh harus ya, nyari nama yang sama ama nama mantan?) Yaudah.... ketikin....
Aa : mo nanya apa?

Saya diktein yg pengen saya tanyain sama semua keluhan dan gejala2 nya.
Berhubung Aa ga biasa pake hp saya, jadi berasa lama banget ngetiknya. 

Aa : ini keyboardnya ga enakeun ih.... terlalu sensitif....
Saya : Auk dah....
Aa : Dokternya minta foto bengkaknya...

Fotolah tangan gw yang penuh bengkak dan bruntusan... tampak buduk pokoknyalah

Terus lanjutlah chattingan ama dokternya....
Dokter : Itu sepertinya alergi
Saya : Saya ga punya alergi, dok
Dokter : Sering pake Hand Sanitizer ga, akhir2 ini?
Saya : Iya dok, sering....
Dokter : Nah... Alergi Hand sanitizer kayaknya nih.....
Saya : ini sampe kaki bengkaknya dok
Dokter : iya itu efek alerginya, jadi ke seluruh tubuh....
Saya : Terus digimana-in dok?
Dokter : Saya kasih obat anti imflamasi ya... diminum.
Saya : Salep oles ga dok? (secara ni tangan udah tampak buduk banget)
Dokter : Oh mau? boleh....
Saya : Makasih ya dokter...

Chat selesai. Aplikasi langsung nyariin apotik terdekat dan tukang gojek yang bersedia mengantar obat sampai rumah.....

Kira2 setengah jam kemudian obatnya sampai rumah. Langsung minum...... terus tidur....
3 jam kemudian bangun, udah kerasa ringan.... bengkak berkurang..... gerak lebih mudah......
10 jam kemudian semua pergerakan normal kembali...
Alhamdulillaaah....

Tau gini dari kemaren2 aja yaaa....

Terima Kasih kepada siapapun yang sudah menciptakan aplikasi2 online ini....
Terima Kasih juga yang sudah bikin smartphone yang memungkinkan semua ini aplikasi tercipta

dan akhirnya..... Terima Kasih Tuhan..... Atas semua penyakit dan rejeki yang Kau berikan pada saya. Semoga bisa membuat saya semakin bertakwa kepadaMU. Aamin.


Nambah :
Kalo dipikir2 lagi rasanya aneh juga saya alergi Hand Sanitizer. Biasanya pake merk D***L gapapa. sering pake kalo lagi keluar Kota. 

Cuman emang akhir2 ini, karena covid2an ini semua tempat nyediain Hand sanitizer.... Di kantor, Di Mol, Di Stasiun, di Restorant bahkan di toko kelontong. 

Kita maen pake aja, ga tau mereka pake merk yg resmi apa bikin sendiri, pake yang kadar bener apa ga bener.... asal murah aja belinya karena beli dalam jumlah banyak gitu..... Yaaaah, mungkin saya kebeneran kena yang ga bener kadarnya.... Jadi hati2 teman semua.....





No comments:

Post a Comment