Tuesday 18 March 2014

Day 1 : Hong Kong, The City of Lights

Setelah perjalanan panjang seharian kemarennya, gw bangun pagi di Hong Kong dengan mengigil. Gila ini hostel dingin banget sih?? gada heaternya apa yak?? So, daripada berlama2 dalam kamar yang dingin akhirnya kita putuskan untuk bergerak saja. Oke, Check ramalan cuaca katanya hari ini bakal hujan deres dengan suhu maksimal 8 derajat C, so... siap2 buat kehujanan dan kedinginan.

Kartu Sakti Octopus

Abis nitipin koper2 kita ke hostel, berangkatlah kita ke Ngong Ping 360. Sebuah tempat wisata di puncak gunung yang terkenal sebagai tempat berdoa bagi umat Budha. Ngong Ping ini terletak di Lantau Island, barat daya dari Hong Kong Island. Semua pulau di HK ini terhubungkan oleh jembatan dan jalur kereta MTR yang canggih dan terintegrasi. Sistem pembayarannya pun terintegrasi, sehingga mau naek bus, kereta atau ferry bisa dengan satu kartu yang disebut octopus. Ini kartu sakti banget, sampe bisa dipake juga buat beli makanan, bayar tiket masuk tempat wisata dll. Jadi semacam kartu flash gitu deh.Untuk starter kita harus nyimpen deposit HKD 50 kemudian isi berapapun yang kita mau. Gw ama Hikkie ngisi HKD 100, Ching ngisi HKD 150.

So, karena hostel kita terletak di Kowloon, tepatnya di pusat bisnis Tsim Sam Tsui, kitapun berangkat naek MTR yang ternyata stasiunnya deket banget dari hostel. Cuman 1 menit jalan kaki. Transfer sekali di stasiun Lai King, kemudian kita naek kereta Tung Chung express menuju Lantau Island. Berhubung masih pagi dan karena Lantau Island kebanyakan daerah wisata, dan ini hari kamis, maka kereta tidak terlalu penuh. Jadi kita bisa duduk dan tidur sejenak saking jauhnya perjalanan.


Kereta di Hongkong ini bagus dan bersih. Terlihat lebih modern dari pada yang Jepang punya hehehe. Dan sepertinya juga lebih cepat jalannya, secara tiap berangkat dari suatu stasiun selalu ada hentakan yg bikin penumpang harus pegangan erat di tiang. *uhuk.... ga kayak di Jepang yg lebih smooth... uhuk* Dan keretanya dingin banget ya booo... ga ada heaternya apa yak ini? malah kayaknya ada AC, atau angin lewat yang bikin badan gw makin dingin aja. Atau apa karena badan gw masih shock ya??

Kemudian sampelah kita di Tung Chung Station. Errr, kalo ke Ngong Ping 360 cable car terminal kita ke exit B. tapi ada tulisan City Gate Mall ke Exit C.... Moooooollll.... wakakak... langsung pengan liat deh. Menurut google katanya mol ini kayak mol outlet brand2 terkenal, kayak Esprit, Timberland, Swatch, dll.... semuanya diskon gede2an.... Hiks!!.... Sayangnya masih terlalu pagi, jadi molnya belum pada buka. baru supermarket aja yang buka. dan itu pun sudah rame banget sama orang2 beli fresh vegetables and meat yang sepertinya di obral tiap pagi.

Nemu Indomie Goreng di rak dalam supermarket, harganya HKD 3,2 
Sekitar 5 ribuan... mahal juga yah

Berhubung belum ada yang bisa dilihat, akhirnya kita putusin buat ke terminal cable car aja deh. Walopun tiket kita buat jam 11.15 tapi biarlah ngantri aja. Karena hujan, kita agak mager buat nyari2 dimana posisinya terminal ini. tanya sana sini, padahal sebenernya deket banget, tinggal jalan lurus aja. 


Ternyata tidak terlalu ngantri, jadilah kita bisa langsung masuk ke barisan.... tapi ada yg jual bakso ikan, jadi pengen jajan dulu wakaka... dingin soalnya, jadi nggragas nih *alesan*..... Perjalanannya cukup menyenangkan, walopun hujan deres, bikin kereta gantungnya dingin banget. Bahkan saking dinginnya gw ampir ga bisa duduk di kursinya... pantat gw kedinginan wakakak.... 

Kita naek yang crystal car.... yang semua dinding cabinnya terbuat dari kaca transparant, jadi bisa liat pemandangan 360 derajat. Tapi ternyata ga semuanya transparant, ada rangka besi di sekelilingnya, terutama di bagian bawah dekat kursi. Lagian karena hujan kita ga bisa liat jelas juga ke bawah, karena ada titik2 airnya. Tapi lumayanlah, bisa liat laut, jalan, mobil, hutan dibawah cabin kita. Agak pusing sih, tapi.... seru juga.

 Sebenernya gw berharap kayak gini cabin nya, tapi ternyata tidak... kayak yg dibelakang aja

Sampe di stasiun Ngong Ping, suhu makin drop. 4 derajat C aja... Najis bener dah!! cuaca penuh berkabut tebal sampe ga keliatan apa2, tapi ujan rada mengecil. Badan makin menggigil, tapi kita ga mungkin diem aja. Bakalan makin kedinginan nih... Jadi yaudah jalan aja deh.... Desa Ngong Ping bagus deh... banyak toko2 souvenir wakaka... *takut kalap* jadi liat2 sekilas aja.... Walopun tergoda juga untuk beli magnet dan printilan2 lucu... Tapi perjalanan masih jauh nih....

Berhubung masih berbau2 imlek, jadi kita disambut ama gerbang merah
Selamat datang Tahun Kuda 2014

Ini dia gerbang nya Ngong Ping Village.... Pas berkabut dan dingin banget

Jalan dibawah gerimis, bikin perjalanan sangat lambat. Jadinya kita keluar masuk toko souvenir, starbucks, toko jajanan dll. sekedar untuk berteduh atau hanya liat2 aja. Pas lagi berteduh sambil makan bakso ikan *lagi...* tiba2 kabut menghilang dan tampaklah patung Big Buddha diatas sana. Sempet bengong sesaat, takjub sama kemunculan tiba2 patung raksasa. Baru mau ngeluarin kamera, tau2 udah ketutup kabut lagi patungnya... Yaaaah.... kamera dimasukin lagi dah... Dan hal seperti itu terjadi berulang2. Hiks...

 

Memasuki daerah kuilnya, kita disambut sama gerbang yang cantik banget. dibalik gerbang itu ada patung 12 pengawal Buddha yang melambangkan 12 shio. Cakeeep banget landscape nya... Celingukan nyari patung budhanya dimana, ternyata masih harus menaiki 'seribu' tangga lagi... hiks... I hate stairs. Tadinya ga mau ikut naek. Tapi berhubung Hikkie ama Ching pada naek, masa gw ditinggal sendiri dibawah. Yasud, ikut naek deh. Pelan2.... sambil ngos2an.

Sampe diatas, anginnya kenceng banget. Suhu drop terus sampe 2 derajat C. Sambil mengeletar *cie bahasanya* menahan dingin, kita sempetin poto2 ajalah.... Dan karena kabutnya bergerak terus, jadinya untung2an dapet bagus apa enggak potonya. Cuman bentar diatas karena ga tahan dingin. Kita cepet turun lagi. kali ini ke arah kuil Budha, banyak yg lagi sembahyang disitu. Ching tadinya mau sembahyang, tapi karena satu dan lain hal akhirnya ga jadi. Yasudlah kita balik aja ke kota. Disana pasti lebih hangat hehehe


Foto ini diambil 1 menit setelah foto sebelah... keliatan banget bedanya. Berkabut sama tidak

Perjalanan balik terasa lebih cepet. Mungkin karena kita ga pake liat kiri-kanan langsung balik ke daerah Tsim Sam Tsui stasiun. Mau liat mol lain wakakaka.... nyari baju hi-tech yg katanya bikin tahan dingin, sambil janjian ama unee dan otoy yang sore itu baru nyampe Hong Kong.

Buset dah, daerah Tsim Sam Tsui kalo sore jam pulang kantor rame banget. Kayak Myeong Dong nya Seoul atau Shinjukunya Tokyo kali ya... Orang banyak banget berseliweran.... Mana orang Hong Kong punya kebiasaan maen tabrak siapa aja yg ngalangin jalannya. Ga pake ngomong atau isyarat, maen langsung tabrak aja. Alhasil kita bertiga terseret2 kesana kemari ditengah arus manusia yang bergerak. Bleh....


Setelah ngambil koper di hostel, kita nunggu Unee dan Otoy di dekat halte bus airport. Tapi ternyata mereka rada lama juga. So, kita nunggu di mesjid Kowloon yg kebeneran ada di deket situ. Mesjidnya rame... Banyak anak2 belajar ngaji, dan ibu2 lagi pengajian. Gw masuk kedalam, sementara Hikkie dan Ching nunggu di pelatarannya. Kocaknya, Hikkie ama Ching tiba2 ditanya sama seorang ibu "kamu agentnya siapa?"..... Ziiiiiiing.... Errrr?? liat muka bingung dua orang ini, ibu2 itu terus ngacir. Abis itu mereka berdua baru nyadar, kalo disangka TKW wakakaka.....

Ini pelataran Mesjid Kowloon, sebelum maghrib

Akhirnya kita ketemu juga ama Unee dan Otoy. Langsung menuju Avenue of the Stars di Victoria Harbour untuk melihat pertunjukan Symphony of the Light yang katanya mulai jam 8 malam. Dan malem makin dingin aja, sebenernya males buat berangin2 di pinggir laut, tapi demi liat pertunjukan yang ga ada di Indonesia, yah harus dibela2in dah.....

Ga berhasil moto pas permainan cahaya di symphony nya, 
kualitas kamera tidak mendukung

Yak!! Ga sia2 lah segala penderitaan menahan dingin itu, karena Symphony of the Lights ini indah banget. Dari avenue of the stars ini tampak jejeran gedung2 di seberang pulau di Hong Kong Island yang bermandikan cahaya. Semua gedung pencakar langit yang menjulang ini mengeluarkan cahaya yang cantik yang bergerak2 sesuai dengan irama musik yang diperdengarkan di Victoria Harbour ini. Bagaikan sedang menonton pagelaran orkestra di panggung outdoor dimana tiap gedung nun jauh diseberang sana dianggap sebagai alat musik yang mengeluarkan suara dan cahaya. Gw sih ga ngebayangin gemana cara ngaturnya. Hebadlah... Cocok banget kalo Hong Kong dinamain The City of Lights.

Pas banget kebeneran perahu berlayar merah khas Hong Kong lagi lewat...

Abis itu, kita sempetin poto2 disini. Avenue of the stars ini kayak Hollywood Boulevard, dimana disepanjang jalan kita bisa liat nama2 aktor terkenal Hongkong tercetak di jalan, lengkap dengan cap tangannya. Ada Jackie Chen, Jet Li, Andy Lau, Tony Leung dan banyak lagi yang gw ga kenal. Ga kerasa panjang juga kita jalan ditengah udara dingin menggigit. 

Yang ini punyanya Jet Li.....


Lanjutin perjalana sepanjang avenue of the stars ini, sambil geret2 koper.... wakakak.... lucu banget pemandangan kita, 4 cewe geret koper dan 1 bawa ransel gede... jalan2 di tempat wisata malem2, gelap... mana angin ngegelebuk juga. Akhirnya nyampe juga ke ujung jalan ini, deket patung Bruce Lee.

Tercapai juga cita-cita poto di patung ini wakaka....

Setelah puas ketemu abang Bruce Lee, kita lanjut perjalanan menuju apartemennya Mbak Prima. Mbak Prima ini adalah temennya Unee yang bakalan kita repotin selama 3 hari ke depan. Apartemennya terletak di Hong Kong Island, so kita nyebrang pulau satu lagi..... kaki udah pegel banget, badan udah mo rontok nahan dingin, jadi dah pengen cepet bobo aja nih...
Ceritanya dilanjut besok ajah....


Bersambung lagi...





2 comments:

  1. Aku siwik pengen ke Hong Kong jugaaaa huhuhuhuhuhu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelaaa... tinggal berangkat aja kaaak hehehehe

      Delete