Monday 25 November 2013

Japanese Castles

Banyak orang yang nanya, ngapain sih bolak balik ke Jepang? Seneng banget. Ada apa disana? Sebagus itukah negaranya?.... Errrr.... Kalo gw disuruh jawab pasti subyektif banget. Secara gw ini suka ama banyak hal yg khas Jepang. Gw suka manga dan anime, suka film dan dorama, suka taiga dan sejarah jepang, dan gw cinta V6 dan mang Ijun. Jadi ga heranlah ya.

Tapi pas seorang temen lama nanya "apa sih yang paling kamu suka di Jepang, yang paling bikin kamu ke Jepang mulu?" Gw langsung merenung.... Agak susah cari jawaban untuk kata "paling" Kalo disuruh milih yg paling... Kayaknya gw bakal bilang Japanese Castle. 


Himeji castle yang jadi ikon japanese castle.
Castle ini yang bikin gw jadi tertarik untuk berkunjung kebanyak castle di Jepang

Gw pernah nulis di blog gw yg sudah almarhum, kalo gw punya obsesi besar untuk ziarah tahun 2015, mengunjungi semua castle.... yang menurut jcastle.info  kira-kira jumlahnya ada 147 castle....... *daaang!!!* yang masih berbentuk castle aja lah, ga termasuk reruntuhannya, atau yang tinggal situs nya. Hahaha... ga usah semua deh... yang beken2 aja..... *langsung ngeper*  Sampai saat ini sih kayaknya gw baru berhasil ngedatengin 8-9 castle. So, kira-kira perlu berapa kali balikan lagi ya.... hihihihi...... 

Menurut japanese-castle-explorer, website yg jadi referensi gw, berdasarkan lokasinya, ada 3 jenis castle. Yang terletak di flatland atau dataran, di puncak bukit (hilltop) dan di puncak gunung. Castle-castle yang ada di flatland sangat mudah untuk dikunjungi. Biasanya letaknya ga terlalu jauh dari stasiun, halte bis atau sarana transportasi lainnya...... Castle jenis ini yang jadi target gw tahap awal. *secara ya gw males banget kalo disuruh jalan jauh apalagi nanjak* 


Tangga menuju Hikone-jo yg termasuk hilltop aja udah bikin gempor
ga kebayang kalo yang mountaitop....... Males ya boooo

Menurut Jcastle.info, castle jenis flatland ini jumlahnya ada 86 buah, termasuk 22 lokasi yang berbentuk reruntuhan..... *banyak ya booo*...... Kayaknya ga mungkin gw datengin semua hahaha... *ngeper lagi*..... Dari sekian banyaknya, hanya 1 castle yang masih original konstruksinya, yaitu Matsumoto-Jo... *yeay!! dah pernah kesitu*. 



Matsumoto Castle - Kayak foto di studio yah....
Kesan gagah nya terasa banget dari bangunan utama castlenya
Bagian dalamnya terdiri dari lorong2 sempit dan jendela untuk mengintai 
Dari puncak menara kita bisa lihat seluruh kota matsumoto

Kemudian 22 castle yang berhasil direkonstruksi, termasuk Hiroshima-jo, Osaka-jo dan Nagoya-jo yang udah pernah gw datengin. 



 
Castle pertama yang gw datengin adalah Osaka-jo
Direkonstruksi tahun 1928, terbuat dari beton, bagus dan megah
Bagian dalemnya kayak museum tentang Toyotomi Hideyoshi
Salah satu dari 3 Shogun pemersatu Jepang abad 15

Hiroshima-jo yang asli hancur karena bom atom 1945 
Yang saat ini berdiri adalah hasil rekonstruksi tahun 1958 
Castlenya ga terlalu besar, bagian dalamnya juga ga istimewa, 
tapi eksteriornya khas seperti dari potongan kayu

Nagoya-jo salah satu dari 3 castle terbesar di Jepang
Kalo ga hancur karena perang dunia II, istana ini bakalan lebih megah dari Himeji.
Sayangnya saat gw kesana sedang ada rekonstruksi besar2an, agak susah menikmatinya
Ciri khas castle ini adalah patung The Golden Dolphin yang ada dipuncak atapnya


 Dan ada 36 situs yang sudah tidak punya bangunan utamanya, tetapi masih ada bangunan2 pendukung lainnya. Seperti menara pengawas (yagura), contoh yang di edo-jo di Tokyo. atau dalam bentuk bangunan istana tempat kediaman shogun seperti Ni-jo castle di Kyoto.

Original yagura nya Edo-jo yang terletak di benteng terluar dari area castle
Menciptakan pemandangan yg kontras dengan gedung pencakar langit di sekitarnya
Taman didalamnya luas dan indah banget. Cocok buat ngadem dari hiruk pikuk kesibukan


Nijo Castle yang merupakan kediaman resmi Shogun Tokugawa di Kyoto
Meskipun pemerintahan dijalankan dari Edo (Tokyo) tapi Nijo-jo memegang peran penting 
dalam sistem pemerintahan Tokugawa yang bertahan hingga 400 tahun.
Di bagian dalamnya masih terdapat benda2 peninggalan Shogun
seperti lukisan berlapis emas, ukiran2, nightingale floor

Ah, surprise..surprise.... ternyata dari top-5 flatland castles suggested by Daniel O'Grady yang punya website japanese-castle-explorer.... Dah pernah gw datengin.... 

                    

Kategori yang ke-2 adalah Hilltop castles. Sesuai namanya, castle2 ini berada diketinggian yang lumayan. Ga terlalu tinggi, tapi udah kebayang aja bentuk jalan menuju kesononya.... Jumlahnya ada 103 castles including 39 ruins..... Jenis ini masih banyak yang original. Sekitar ada 10 castle. Gw baru ngedatengin 2 castle yang cantik2 yaitu Hikone-jo dan Himeji-jo, dua2nya di Kansai area. 


Hikone-jo, Benteng kecil di kota kecil yang sepi......
Terletak diketinggian, dimana kita bisa melihat danau besar Biwako
Banyak pohon momiji disekitarnya, pasti kalo autumn cantik banget 
Castle nya cantik, pemandangan di sekitarnya juga cantik


Himeji-jo yang gw datengin 2010, dan ga bisa masuk karena sedang direstorasi besar2an
Castle terbesar yang konstruksinya masih original, selamat dari perang dan kebakaran,
disebabkan karena entrance nya yang berbentuk maze, yang membingungkan musuh.
Masuk benteng luarnya saja sudah bisa merasakan kalo benteng ini unbreakable
Castlenya cantik berwarna putih yg feminin tapi kesan gagahnya masih berasa

Masih ada 2 castle lain di jenis ini yang pengen banget gw datengin, yaitu Hirosaki-jo di Aomori dan Kochi-jo di pulau Shikoku nun jauh dari mana2.... hihihi.



Hirosaki Castle yang tamannya dilengkapi 2000 batang pohon sakura
So.... kebayang bagusnya kalo pas mekar semua.... Pengeeeennn

Yang bikin gw pengen dateng ke Kochi castle, selain originalitasnya adalah 
main keep nya juga berfungsi sebagai palace, hal yang jarang ditemukan di Castle lain

Kemudian ada 31 reconstructed castles yang ada di kategori ini. Ga ada satupun yang pernah gw datengin. Tapi banyak yang pengen gw liat dan udah masuk dalam list wajib kunjung gw kapanpun gw ke Jepang lagi. Tsuruga-jo di Fukushima, Fukuyama-jo dekat Hiroshima, Odawara-jo di Kanagawa dan Kumamoto-jo di pulau kyushu.... *harus nyebrang pulau deh*.



Gambar diatas yang membuat gw pengen banget ke Tsuruga-jo
Walopun kayaknya ga mungkin gw dateng pas salju kayak gitu. Dingin booo
Sayangnya saat ini Fukushima lagi ga aman buat dikunjungin, karena kasus reaktor nuklir 
Walopun castlenya jauh dari reaktor itu, tapi... mikir seribu kaliiiiii......

Apa ya yg bikin gw pengen ke Fukuyama-jo
Kayaknya karena lokasinya yg deket banget ama stasiun
Castlenya keliatan dari shinkansen yg gw naekin ke Hiroshima

Odawara-jo adalah castle yg paling mudah dijangkau dari Tokyo
So, kalo ada waktu luang yg ga terlalu lama, bisa nyempetin kesini

Menurut gw Kumamoto-jo adalah versi itemnya Himeji-jo, yg punya multi keep
Kalo ada kesempatan buat jalan ke Fukuoka dan sekitarnya, gw pasti bakal kesini

Kategori yang terakhir dan my least favorite is mountaintop castles. Bukan apa2... sesuai namanya pasti letaknya diatas gunung. Udah kebayang aja cara mencapainya kesono, menanjak, melalui beratus tangga dan biasanya ditengah hutan atau kebun. Belum ada satupun castle jenis ini yg gw datengin ataupun pengen gw datengin hahaha....

6 comments:

  1. Assalamualaikum mbak Fiyati.

    Wah seneng banget ya uda mengunjungi beberapa Istana (atau benteng?) di Jepang. Saya rencana 2015 mau ke Kansai, kenapa 2015? Karena April 2015, Himeji Jo sudah bisa dimasuki kedalem istananya, restorasinya sudah selesai (kalo tepat jadual).
    Yang saya juga pengen kunjungi diluar Kansai adalah Matsumoto Jo (karena orisinalitasnya dan kayaknya istana ini juga dipake film 47 Ronin). Tapi kalo saya baca rute kereta murahnya koq ruwet banget ya. Tolong dong mbak Fiyati yang sudah pernah kesana, minta catetan rute perjalanannya, naek apa, dari mana, jam berapa, berapa.
    tiket nya.

    Terima kasih n Wassalamualaikum.
    Bambang Tri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pak Bambang, maaf baru baca ini...
      Saya juga rencana mau ke Himeji lagi tahun 2015. Mau masuk kedalamnya. Dulu pas 2010 ga bisa masuk.

      Emang ke matsumoto-jo itu rutenya rada diluar jalur utama, jadi susah ngaturnya. Saya aja setelah 3 kali merencanakan baru bisa kesana hahaha. (2 kali gagal).
      Ke matsumoto kemaren saya dari Nagoya naek kereta limited express Shinano. Sekitar 2 jam-an. agak mahal sih 3000an yen.
      Katanya kalo dari Tokyo ada beberapa alternatif limited express Azusa kayaknya paling cepet.
      Ada bis juga. bisa liat disini http://www.japan-guide.com/e/e6053.html

      Aku sih menyarankan kalo mau ke castle2, sebaiknya pake JR-PASS. agak mahal dikit tapi ga rugi, karena kita bisa ke banyak tempat naek berbagai macam kereta mulai dari shinkansen, limited express sampe sleeper train.

      Mudah2an replyan saya bisa membantu.
      Kalo ada apa2, jangan ragu nanya lagi aja... kita bisa diskusi rute hihihihi
      Good luck

      Delete
  2. Yah .... saya juga baru baca nih jawaban mbak .... udah lama juga njawabnya .....Mbak kalo ke Ako castle nggak tertarik ya ... ini kan castle nya si Asano Takuminokami .. itu lho yang ada cerita 47 Ronin nya ... kalo digambar internet sih emang nggak ada apa apanya cuma 1 Yagura kecil aja .. Jo nya nggak dapet ijin dibangun oleh shogun waktu itu ... sekarang sudah dibuat patung dari ke 47 Ronin dan juga sudah dibangun 1 buah shrine untuk menghormati mereka ....47 Ronin udah tau kan ya mbak ceritanya ... ini cerita sejarah beneran lho ...Ayo dijawab nya jangan lama lama ya mbak ... hehehe ...maksa.com ....

    Wassalam, Bambang.

    ReplyDelete
  3. Maaf lahir bathin. Maaf baru baca hehehe.... Salahkan gmail yang memisahkan socmed mail jadinya notifnya ga muncul hehehe... alesan..... Maaf ya pak.

    Aku belum ingin ke ako. soalnya gada keepnya hehehe...
    Tapi boleh juga sih kesono, kali aja gw kehabisan daerah yg mau dikunjungi *belagu digeplak*

    Tahun ini aku ke Jepang lagi cuman berhasil ke Hirosaki ama Himeji yg masih tertutup.
    Padahal rencananya mau ke odawara, tapi ada perubahan rencana karena banyak hal.

    ReplyDelete
  4. Ooh tahun ini sudah ke Jepang toh, kapan itu, update dong mbak beritanya dan foto foto nya. Koq ke Himeji lagi kan masih ditutup, katanya mau 2015 kesana. Terus koq dari Himeji ke Hirosaki ... kan jauh banget .... padahal di Kansai selain Himeji kan banyak juga ya castle lain yang nggak kalah bagusnya sama Hirosaki, ada Fukuchiyama ada Fushimi, ada Ueno Jo ada wakayama jo .. apa kelebihan Hirosaki dibanding yang lain sampe jauh juah kesana .... Atau emang rute perjalanannya memang pas ke daerah sana ? Kembali ke Matsumoto mbak Fiya, ada nggak ya budget airline dari Tokyo ke matsumoto, sampe sekarang browsing nggak ketemu ... Wass, Bambang

    ReplyDelete
  5. Belum sempet bikin tulisan. Lagi banyak kerjaan dan Tugas Kuliah, nanti deh ya kalo udah agak reda tensinya hehehe....

    Niatnya emang ke Hirosaki dari awal, karena pas kesana pas lagi sakura full bloom disana. Jadi diniatin banget. Lagipula Hirosaki salah satu dari sedikit castle yang masih original main keepnya.

    Kalo yang ke himeji adalah karena impulsif aja. Temen perjalananku belum pernah kesana, dan dia terkesan sama besarnya castle himeji dibandingkan ama Hirosaki yang kita lihat 2 hari sebelumnya. Dan untuk aku pribadi sih karena disamping Himeji castle sedang ada temporary exhebition dari NHK untuk Taiga Drama yang judulnya Gunshi Kanbee. Pameran ini hanya berlangsung selama tahun 2014 saja, jadi aku sempetin kesana.

    Soal matsumoto, budget yang bapak maksud itu berapa ya?
    Setau aku ada bis dari tokyo...
    Highway buses operate hourly between Tokyo (Keio Highway Bus Terminal in Shinjuku) and Matsumoto (Matsumoto Bus Terminal near Matsumoto Station). The one way trip takes just over three hours and costs 3500 yen. A round trip ticket is available for 6100 yen and has to be used within seven days of the outward journey.
    aku belum pernah coba sih....

    Kalo naek kereta kayaknya sekitar 4000 yen sekali jalan. Yang limited express 6000an.
    By local trains, the one way journey between Tokyo (Shinjuku Station) and Matsumoto along the JR Chuo Line takes about five hours, typically requires about three transfers of trains and costs 4000 yen.

    Yang naek bis, murah tuh...

    ReplyDelete